Selasa, 19 Februari 2019 23:11 WITA

Camat Tamalate Instruksikan lurah Untuk Kurangi Sampah Plastik

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Adil Patawai Anar
Camat Tamalate Instruksikan lurah Untuk Kurangi Sampah Plastik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Camat Tamalate, Fahyuddin Yusuf didampingi sekcamnya Darwis Syar, menggelar rapat koordinasi yang diikuti oleh para lurah di ruang rapat kantor kecamatan Tamalate, Jalan Danau Tanjung Bunga Utara Makassar, Selasa (19/02/2019).

Dalam arahannya, Fahyuddin Yusuf menginstruksikan para lurah untuk menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi pemakaian plastik sebagai pembungkus kemasan, dan memilah sampah plastiknya.

Fahyuddin Yusuf menganggap sampah plastik, hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia khususnya Kota Makassar.

"Setiap tahun sedikitnya jutaan ton sampah plastik dibuang ke sungai atau kanal dan bermuara di lautan," ungkap Fahyuddin.

Dari fakta tersebut, Indonesia menjadi negara nomor dua di dunia setelah China dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan.

Loading...

"Semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancamannya bagi kelestarian ekosistem di laut kita," urai Fahyuddin.

Sampah plastik tidak hanya mencemari lautan, tapi juga membahayakan kelangsungan ekosistem makhluk hidup, termasuk hidup manusia. Karena ikan yang manusia konsumsi sudah terkontaminasi dengan sampah plastik.

"Untuk itu, mari kita selamatkan laut Indonesia dan ekosistemnya dengan tidak membuang sampah plastik ke kanal dan laut kita," tegas Fahyuddin.

Loading...
Loading...