Selasa, 19 Februari 2019 14:05 WITA

174 Pemda Terima Rapor dari Menpan-RB di Makassar

Penulis: Yuniastika Datu - Arfa Ramlan
Editor: Andi Chaerul Fadli
174 Pemda Terima Rapor dari Menpan-RB di Makassar
FOTO: Arfah/Rakyatku.com

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin menyerahkan Rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 untuk 174 Pemda Wilayah III di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Selasa (19/2/2019).

Wilayah ini meliputi 12 pemerintah provinsi, yaitu D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, dan 162 Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah ke-12 provinsi tersebut.

Dalam sambutannya, Syafruddin mengatakan, ini merupakan pelaksanaan wilayah ketiga setelah sebelumnya, Ia telah menyerahkan Rapor SAKIP bagi Pemda wilayah I di Bandung dan wilayah II di Banjarmasin.

"Alhamdulillah kita sudah menyerahkan seluruh SAKIP kepada Kementerian Lembaga,  kemudian pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten dan kota," kata dia.

Loading...

Ia mengatakan, pada Tahun 2018 perbaikan kinerja dan tata kelola pemerintahan di seluruh Indonesia mengalami lonjakan. Sehingga program SAKIP ini sangat Efisien dalam tata kelola pemerintahan dan ini menjadi program lanjutan 5 tahun kedepan. 

"Pada tahun 2018 kita mengefesiensi anggaran daerah sampai pada 65,1 Triliun dibanding pada tahun 2017 hanya 41, sekian triliun. Program SAKIP ini cukup berhasil sehingga akan dilanjutkan pada pemerintahan baru nantinya, dan dirasakan oleh seluruh pemerintah daerah," jelas dia.

Loading...
Loading...