Selasa, 19 Februari 2019 13:17 WITA

Begini Penampakan Serangga di Masa Purba

Editor: Andi Chaerul Fadli
Begini Penampakan Serangga di Masa Purba

RAKYATKU.COM - Seorang fotografer Inggris yang terkenal di dunia yang berspesialisasi dalam menangkap gambar-gambar serangga telah mengalihkan perhatiannya ke binatang yang telah terbungkus dalam damar selama jutaan tahun. 

Hewan-hewan itu ditemukan di sepanjang pantai Baltik Latvia pada tanggal antara 40 dan 45 juta tahun yang lalu, dikutip dari Daily Mail, Selasa (19/2/2019).

Levon Bliss, dari London dan sekarang berbasis di Wiltshire, telah menerbitkan gambar-gambar menakjubkan dari sepuluh serangga yang mati ketika berjalan di sepanjang cabang-cabang pohon yang masih muda setelah terjebak dalam getah. 

Getahnya menjebak hewan-hewan yang malang dan, dari waktu ke waktu, mengeras membentuk damar.

Amber memelihara hewan-hewan itu dalam kondisi aslinya dan penampilannya yang tembus cahaya memungkinkan hewan-hewan yang dimakamkan di dalamnya untuk kemudian dipelajari.  

Bliss telah merilis beberapa buku fotografi yang menangkap serangga, memberikan ceramah TED tentang 'makrophotografi' dan menjual cetakan edisi terbatas dari karyanya.

Loading...

Serangga yang terbungkus ambar dipoles oleh Bliss dan ditempatkan dalam cairan dengan indeks bias yang mirip dengan ambar. 

Ini membantu mengurangi hamburan dan 'pembengkokan' cahaya saat bergerak dari satu media ke media lainnya - seperti melalui udara dan ke dalam air. 

Jika dua bahan memiliki indeks bias yang sangat berbeda, cahaya melambat saat bergerak di antara mereka dan ini mendistorsi gambar - itu adalah fenomena yang sama seperti ketika sebuah sedotan diletakkan dalam secangkir air dan tampak bengkok.

Dengan menangguhkan benda dalam cairan, cahaya yang digunakan untuk menerangi kuning tidak dicegah 'memantul di berbagai sudut'.

Untuk koleksi foto serangga purba lainnya, bisa dilihat di sini.

Loading...
Loading...