Sabtu, 16 Februari 2019 09:08 WITA

Keluarga Pengantin ISIS yang Hamil Tua Memohon Agar Dia Segera Dipulangkan

Editor: Suriawati
Keluarga Pengantin ISIS yang Hamil Tua Memohon Agar Dia Segera Dipulangkan
Shamima Begum (PA via BBC)

RAKYATKU.COM - Keluarga Shamima Begum telah meminta pemerintah Inggris untuk segera memulangkan wanita berusia 19 tahun itu.

Shamima melarikan diri ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok Negara Islam (ISIS) pada usia 15 tahun. Dia menikah dengan seorang pejuang asal Belanda, dan sekarang sedang hamil itu.

Permohonan keluarganya muncul setelah Shamima ditemukan di kamp pengungsi di Suriah, dan mengatakan bahwa dia ingin kembali ke Inggris, karena mengkhawatirkan anak dalam kandungannya.

Dalam sebuah pernyataan, keluarganya di London timur mengatakan bahwa bayi Shamima benar-benar tidak bersalah dan memiliki hak untuk tumbuh dalam kedamaian dan keamanan di Inggris.

Keluarganya mengatakan bahwa sebelum Shamima ditemukan, mereka telah "kehilangan semua harapan" untuk melihatnya lagi.

"Sekarang kita dihadapkan pada situasi mengetahui bahwa anak-anak muda Shamima telah meninggal - anak-anak yang kita tidak akan pernah kenal sebagai keluarga. Ini adalah berita tersulit yang harus ditanggung," kata keluarga itu.

"Kesejahteraan anak Shamima yang belum lahir menjadi perhatian utama keluarga kami, dan kami akan melakukan segala daya kami untuk melindungi bayi itu yang sama sekali tidak bersalah dalam peristiwa ini."

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid mengatakan bahwa Shamima bisa menghadapi dakwaan jika dia kembali.

Loading...

"Jika Anda berhasil kembali, Anda harus siap untuk diperiksa, diselidiki dan berpotensi dituntut," katanya.

Kepala kepolisian anti-terorisme Inggris menambahkan bahwa siapa pun yang kembali dari zona konflik yang telah pergi untuk mendukung kelompok teroris akan diselidiki oleh polisi untuk menentukan apakah mereka telah melakukan pelanggaran teroris atau kriminal.

Itu juga bertujuan untuk memastikan mereka tidak menimbulkan bahaya bagi publik atau keamanan nasional Inggris.

Mengenai hal itu, keluarga Shamima Begum mengatakan akan menyambut investigasi di bawah prinsip keadilan Inggris.

Keluarga Pengantin ISIS yang Hamil Tua Memohon Agar Dia Segera DipulangkanShamima Begum adalah satu dari tiga siswi yang melarikan diri ke Suriah. Dia bepergian bersama dua temannya, Kadiza Sultana, 16 tahun, dan Amira Abase, 15 tahun pada Februari 2015.

Dia mengatakan Kadiza Sultana telah tewas dalam pemboman di sebuah rumah, sementara yang satu lagi kabarnya masih hidup tapi dia tidak pernah bertemu dengannya.

Tags
Loading...
Loading...