Kamis, 14 Februari 2019 17:53 WITA

"Minum Sekaleng Santan, Payudaramu Tumbuh," Dokter Sebut Iklan Tiongkok Itu Hoaks

Editor: Aswad Syam
Beberapa model iklan minuman santan di China.

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Santan memang dikenal memiliki manfaat kesehatan tertentu, seperti menjadi sumber yang kaya zat besi dan magnesium, mengurangi peradangan, dan tampaknya, sekarang juga meningkatkan ukuran payudara. 

Merek santan populer mendapat kecaman di Tiongkok, atas iklan dan kemasan mereka yang mengklaim, susu itu akan membantu membuat payudara wanita bertambah besar, lapor SCMP. 

"Minumlah satu kaleng sehari dan lekuk tubuhmu akan membuat orang bersemangat, menjadi lebih adil dan lebih penuh," dan "minum lebih banyak santan setiap hari dapat membuat payudara [kamu] lebih penuh," bunyi merek tersebut dalam serangkaian iklan yang melibatkan gadis-gadis kaya di atasan ketat, melakukan hal-hal seperti bermain-main di pantai atau dan melompat-lompat. 

“Jus kelapa kelapa asli, saya minum dari kecil hingga besar!” Seorang gadis dengan gembira berdentang. 

Pengemasan dan iklan cetak mereka juga menarik reaksi keras terhadap klaim berani dan citra yang agak cabul, seperti papan iklan bertuliskan, "Menerapkan santan ke payudara Anda dan meminumnya setiap hari dapat memperbesar payudara Anda." 

Beberapa pemirsa cukup terkejut, ketika mereka menemukan iklan itu asli, karena mereka menganggap itu bohong. “Ketika saya pertama kali melihat iklan itu, saya pikir beberapa warganet baru saja membelinya. Baru sekarang saya menyadari itu benar dan bukan seseorang yang bercanda,” demikian satu komentar di Weibo. 

Loading...

Orang lain menyatakan kekecewaan mereka dalam memilih pemasaran, mengatakan, "Merek lama telah ada selama bertahun-tahun, dan masih perlu melakukan ini!" 

Pemirsa juga menyatakan keraguan mereka atas klaim yang meragukan. Seorang pengguna Weibo di Cina berkomentar, “Apakah mereka benar-benar mencoba untuk menjual minuman? Iklan membuatnya terdengar seperti perusahaan yang membuat produk pembesaran payudara.” 

Pemerintah Cina sekarang sedang menyelidiki perusahaan tersebut atas klaimnya yang agak dibuat-buat. 

Nah, di sinilah kita harus menemukan beberapa mitos. Penting untuk dicatat bahwa belum ada penelitian tentang apakah menerapkan santan, (yang pada dasarnya santan) ke dada Anda, akan membuat dada Anda meningkatkan ukuran maksimumnya. 

Ava Kwong, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Hong Kong mengatakan, berdasarkan makalah ilmiah peer-review, dia belum pernah mendengar satu studi pun yang mendukung janji pemasaran produk itu. 

Di samping catatan, susu kedelai, meskipun tidak diverifikasi secara meyakinkan, juga dikatakan meningkatkan ukuran payudara karena kandungan fitoestrogen mereka, yang dikatakan meningkatkan pertumbuhan jaringan payudara.

Loading...
Loading...