Jumat, 08 Februari 2019 18:48 WITA

Ada Lomba Baca Huruf Lontara di Pekan Budaya Daerah Sidrap 2019

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Aswad Syam
Ada Lomba Baca Huruf Lontara di Pekan Budaya Daerah Sidrap 2019
Bupati Sidrap, Dollah Mando (kanan), memukulkan alu pada lesung, menandai pembukaan Pekan Budaya Daerah Sidrap 2019.

RAKYATKU.COM, SIDRAP -- Bupati Sidrap, Dollah Mando, resmi membuka Pekan Budaya Daerah Sidrap 2019, di Pelataran Monumen Ganggawa, Jumat (8/2/2019).

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-675 Kabupaten Sidrap. Acara diawali dengan Tarian Padduppa oleh Seni Tari Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Pendidikan Sidrap.

Dalam sambutannya, Dollah Mando mengatakan, Pekan Budaya Daerah Sidrap ini bertujuan kembali mengingat jejak historis eksistensi daerah Sidrap, khasanah budaya tradisonal yang khas, unik, menarik, dan menggambarkan keragaman serta memiliki nilai-nilai yang tinggi dan luhur.

"Melalui Pekan Budaya Daerah Sidrap 2019 ini, kita bangkitkan semangat memajukan dan melestarikan budaya daerah sebagai modal sosial dalam membangun Sidrap yang lebih maju, religius, adil dan sejahtera," ujar Dollah.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pekan Budaya ini, Dollah Mando menyampaikan beberapa hal, yang perlu menjadi perhatian bersama dalam memaknai kegiatan tersebut.

Loading...

"Sebagai momentum transformasi dan penanaman nilai-nilai budaya, sebagai ajang aktualisasi diri dan kreativitas dalam berkesenian. Jadikan pekan budaya sebagai sarana melestarikan seni budaya, serta silaturrahim antar warga, sehingga melalui acara ini terjalin rasa kebersamaan," harap Dollah.

Pembukaan Pekan Budaya Daerah Sidrap 2019 ini, ditandai dengan pemukulan lesung oleh Bupati Dollah Mando dan Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf secara bersama. 

Acara tersebut dihadiri Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono, Dandim 1420/Sidrap, Letkol inf JP Situmorang, Kajari Sidrap, Djasmaniar, anggota DPRD, dan para kepala SKPD serta camat.

Dalam Pekan Budaya Daerah Sidrap yang akan berlangsung lima hari dari tanggal 8 sampai 12 Februari 2019 ini, akan diperlombakan beberapa kegiatan seperti lomba osong, baca huruf lontara, mappadendang, lagu daerah, kontestasi Ana'dara-Kallolo, dan simponi kecapi.

Loading...
Loading...