Kamis, 07 Februari 2019 18:10 WITA

Cuma 3 APIP Daerah di Indonesia Raih Level Ini, Sidrap Salah Satunya

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Mulyadi Abdillah
Cuma 3 APIP Daerah di Indonesia Raih Level Ini, Sidrap Salah Satunya
Foto: IST

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Prestasi membanggakan ditorehkan Pemkab Sidrap lewat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang meraih level 3 kapasitas APIP. Capaian yang spesial ini, karena level 3 kapabilitas APIP masih sangat langka di Indonesia.

Dari 668 APIP  di seluruh Indonesia, baru tiga  APIP daerah yang mencapai level tersebut. Kabupaten Sidrap salah satunya.

Dari keterangan tertulis yang disampaikan Auditor Madya Inspektorat Sidrap, Kasriah Sanusi, Kamis (7/2/2019) menyebutkan, level 3 ini berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sidrap telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, dan ekonomis terhadap suatu kegiatan.

"Begitu pun dengan kemampuan memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian internal," jelas Kasriah yang merupakan anggota Satuan Petugas (Satgas) Peningkatan Kapabilitas APIP Sidrap.

Berdasarkan Laporan Nomor SP-2594/D3/01/2018, tanggal 31 Desember 2018 tentang Hasil Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) oleh BPKP Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah atas Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2018, disimpulkan bahwa Inspektorat Kabupaten Sidrap  telah berada pada level 3 untuk semua elemen.

"Elemen tersebut yaitu peran dan layanan, pengelolaan sumber daya manusia, praktik profesional, kkuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, dan struktur tata kelola," paparnya.

Loading...

Kasriah menceritakan, pencapaian level 3 itu melalui proses panjang dan membutuhkan perjuangan, pengorbanan tenaga, dan pikiran. 

"Alhamdulillah, atas bimbingan BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, dan kerja sama semua  unsur Inspektorat Sidrap serta dukungan penuh oleh pemerintah daerah, akhirnya prosesnya dapat kami jalani dan berbuah hasil memuaskan," terangnya.

Sebagai bentuk apresiasi, sambung Kasriah, Inspektorat Kabupaten Sidrap diundang khusus mengikuti Training of Trainers yang dihadiri oleh beberapa kementerian dan APIP Daerah yang diajar langsung oleh peneliti dan penulis buku Internal Audit Capability Model,  Elizabeth McRaee.
 
"Di pelatihan ini, infrastruktur APIP Kabupaten Sidrap diekspose untuk menjadi contoh dan telah diupload ke seluruh Indonesia untuk dijadikan sebagai rujukan," ungkap Kasriah.

Mewakili Satgas peningkatan Kapabilitas APIP Sidrap, Kasriah berharap level 3 itu bukan sekedar pemenuhan dokumen atau infrastruktur namun substansinya kepada implementasi Key Proses Area secara berkelanjutan dan berulang.

"Dan diharapkan menjadi budaya kerja dan berkomitmen mengawal tata kelola pemerintahan daerah menuju pemerintahan yang baik dan bersih," kuncinya.

Loading...
Loading...