Selasa, 05 Februari 2019 13:35 WITA

Komunitas Tionghoa di Seluruh Dunia Menyambut Tahun Babi

Editor: Suriawati
Komunitas Tionghoa di Seluruh Dunia Menyambut Tahun Babi
AFP

RAKYATKU.COM - Komunitas Tionghoa mulai menyambut Tahun Babi pada hari Selasa (05/02/2019).

Perayaan akan berlangsung di seluruh dunia, dari komunitas China di Asia Tenggara hingga Chinatown yang baru didirikan di Sydney, London, Vancouver, Los Angeles, dan seterusnya.

China Daratan
Di daratan China selama sepekan terakhir, ratusan juta orang berdesakan dalam kereta, bus, mobil, dan pesawat untuk bertemu keluarga.

Jalan-jalan yang biasa ramai di Beijing mulai kosong pada hari Senin. Banyak toko dan restoran tutup hingga minggu depan.

Selain berkumpul bersama keluarga, tahun baru Imlek juga dirayakan dengan bepergian ke luar negeri. Diperkirakan tujuh juta turis Tiongkok akan pergi ke luar negeri selama Festival Musim Semi tahun ini, menurut kantor berita Xinhua.

Komunitas Tionghoa di Seluruh Dunia Menyambut Tahun BabiHong Kong
Di Hong Kong, pasar bunga dipenuhi oleh penduduk yang memilih anggrek dan bunga persik untuk menghiasi rumah mereka. Kios-kios juga menawarkan serangkaian bantal tas jinjing, dan boneka mainan yang bertema babi.

Malaysia
Di Malaysia - di mana 60 persen penduduknya beragama Islam, dan seperempat etnis Tionghoa - beberapa pusat perbelanjaan memilih untuk tidak memajang dekorasi babi, sementara beberapa toko menyimpannya di dalam. Tapi pembeli dan pedagang mengatakan hal itu sudah biasa.

Loading...

Jepang
Menara Tokyo yang terkenal di ibukota, akan berubah menjadi merah dalam perayaan Tahun Baru.

Taiwan
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menggunakan akun media sosialnya untuk menyampaikan salam tahun baru dalam lima bahasa China, yaitu Mandarin, Taiwan, Hakka, Teochew dan Kanton.

Komunitas Tionghoa di Seluruh Dunia Menyambut Tahun BabiIndonesia
Tahun Baru Imlek adalah hari libur umum di Indonesia. Di sini kita bisa menyaksikan acara-acara seperti tarian singa tradisional yang diadakan di ruang publik.

Barat
Di kota-kota Barat seperti New York dan London, Tahun Baru Imlek diperkirakan akan dirayakan dengan parade dan tarian singa.

Sumber: AFP

Loading...
Loading...