Kamis, 31 Januari 2019 09:20 WITA

Ditinggal Mengungsi saat Banjir Sejumlah Warga Kecurian 

Penulis: Azwar Basir
Editor: Aswad Syam
Ditinggal Mengungsi saat Banjir Sejumlah Warga Kecurian 
Salah seorang warga berdiri di depan rumahnya, usai banjir.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bencana alam longsor dan banjir yang melanda Kabupaten Gowa telah berlalu. Sebagian warga yang tadinya mengungsi, telah kembali ke rumahnya masing-masing, untuk membersihkan rumah dan melihat keadaan pasca ditinggal beberapa hari. 

Kejadian yang tak terpikirkan oleh warga, saat mereka kembali ke rumahnya. Mereka kehilangan benda-benda berharga. Ternyata selama ditinggal mengungsi, pencuri telah masuk ke rumah warga. 

Seperti yang dialami salah seorang warga Perumahan Nusa Mappala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Ia kehilangan banyak barang berharga, saat rumahnya dalam keadaan kosong ditinggal mengungsi. 

"Ia kemarin banyak yang kecurian di sini, karena sebenarnya memang banyak maling berkeliaran kalau banjir. Karena mereka bilang masyarakat tinggalkan rumahnya," ujar salah satu warga yang tidak disebutkan namanya, saat ditemui Rakyatku.com di Perumahan Mappala.

Namun, ada juga warga yang kembali ke rumahnya saat banjir mulai surut. Karena sudah mengetahui, bahwa saat banjir datang banyak pencuri yang berkeliaran di sekitar wilayah yang terdampak banjir. 

Loading...

Namun, berbeda dari pengakuan Satriani (45), ia mengatakan, banyak barang-barangnya alat rumah tangga yang dibawa air saat banjir datang. Ia tidak lagi sempat menyelamatkan barangnya tersebut, karena sibuk menyelamatkan surat-surat berharga. 

Hal itu pun ia pastikan saat kembali ke rumahnya, dua hari setelah mengungsi. Ia melihat banyak peralatan yang hanyut dibawa air yang sampai 1 meter lebih. Yang paling banyak dibawa air pakaian. Hanya tersisa beberapa lembar di dalam lemari. 

"Pakaian paling banyak dibersihkan dan banyak dibawa air, banyak juga alat-alat ku na bawa air, kayak blender, panci panci alat memasak banyak. Lemari dua rusak, sama tv dua rusak," pungkasnya.

Loading...
Loading...