Kamis, 31 Januari 2019 04:30 WITA

Bukan Bakteri, Ternyata Ini Penyebab Makanan Jadi Basi dan Daging Membusuk

Editor: Abu Asyraf
Bukan Bakteri, Ternyata Ini Penyebab Makanan Jadi Basi dan Daging Membusuk
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Secara ilmiah, orang memahami bahwa makanan menjadi basi karena terkontaminasi bakteri. Begitu pula daging yang membusuk.

Namun, ada penyebab lain yang tak banyak diketahui orang. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa basinya makanan dan membusuknya daging terjadi akibat perbuatan dosa umat manusia. 

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Seandainya kalau bukan karena ulah Bani Israil, niscaya makanan tidak akan pernah basi dan daging tidak akan pernah membusuk." (Muttafaqun ‘alaih)

Para ulama menjelaskan, tatkala Bani Israil diberi rezeki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala berupa burung-burung salwa (semacam burung puyuh) yang datang dan dapat mereka tangkap dengan mudah setiap pagi hari, mereka dilarang untuk menyimpan daging-dading burung tersebut. 

Setiap pagi hari, mereka hanya dibenarkan untuk mengambil daging yang akan mereka makan pada hari tersebut. Akan tetapi, mereka melanggar perintah ini, dan mengambil daging dalam jumlah yang melebihi kebutuhan mereka pada hari tersebut, untuk disimpan. 

Akibat perbuatan mereka ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menghukum mereka, sehingga daging-daging yang mereka simpan tersebut menjadi busuk. Basinya makanan dan membusuknya makanan terkait dengan berberkah atau tidaknya rezeki tersebut.

Loading...
Loading...

Berita Terkait