Rabu, 30 Januari 2019 12:00 WITA

Guru Ini Hukum Muridnya Jika Berat Badan Naik saat Imlek

Editor: Andi Chaerul Fadli
Guru Ini Hukum Muridnya Jika Berat Badan Naik saat Imlek

RAKYATKU.COM - Murid-murid di sekolah menengah di Cina timur telah diperingatkan bahwa mereka akan dihukum dengan sesi latihan paksa jika mereka menambah berat badan selama liburan Tahun Baru Imlek, menurut laporan media setempat.

Jika mereka memakai lebih dari 2kg (4lb) selama Festival Musim Semi, mereka harus berlari setiap hari untuk periode berikutnya, dikutip dari Asia One, Rabu (30/1/2019).

"Baru-baru ini ketika saya berjalan-jalan di sekitar pusat perbelanjaan dengan teman-teman, saya melihat timbangan dan tiba-tiba punya ide: Saya ingin para siswa menimbang diri mereka sebelum liburan dan memberi mereka kesadaran akan risiko menambah berat badan di kemudian hari," guru kelas Chen Wei mengatakan kepada surat kabar itu.

Tetapi salah satu muridnya Chen Kexiang menunjukkan bahwa kebanyakan orang menggunakan masa liburan untuk makan banyak dan sedikit berolahraga sehingga akan sulit untuk tidak menambah berat badan.

Tetapi murid lain bernama Zhang Lijia mengatakan bahwa sebagian besar bobot siswa berada dalam kisaran standar sehat, dengan menambahkan: "Beratnya bertambah, apa yang harus ditakuti?"

Tetapi murid lain Wang Hang berkata: "Makanan yang mereka sajikan di kantin sekolah benar-benar enak, saya makan porsi lima orang hampir setiap hari.

loading...

"Aku harus mengendalikan bagianku, aku akan mencoba membatasi makananku menjadi dua atau tiga mangkuk makanan."

Reaksi terhadap skema tersebut beragam di media sosial Cina.

"Saya pikir itu hal yang hebat untuk membuat siswa sadar akan kesehatan fisik mereka," kata seorang pengguna.

Komentar lain berbunyi: "Jika mereka adalah siswa sekolah menengah pertama, tubuh mereka tumbuh. Bukankah cukup normal untuk mengalami fluktuasi berat badan?"

Cina menghadapi epidemi obesitas di sekolah dan sudah memiliki jumlah anak obesitas terbesar di dunia.

Loading...
Loading...