Selasa, 29 Januari 2019 12:47 WITA

Dinkes Lutra Siapkan Ragam Inovasi untuk Masyarakat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dinkes Lutra Siapkan Ragam Inovasi untuk Masyarakat

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kesehatan melaksanakan berbagai macam inovasi bagi masyarakat Luwu Utara.

Adapun inovasi yang dilaksanakan sejak tahun Luwu Utara di pimpin Bupati Indah Putri Indriani hingga saat ini, yaitu inovasi Layanan Satu Gerak Sepenuh Hati (Larasati)  PSC 199, Antenatal Care Hipnoterapi, Abdi Kesehatan Masyarakat, Kantong Penyelamat Ibu dan Bayi, Kopi Gaul Keren (Kelompok Peduli Ibu Gabung Usia Lanjut Konsisten Bergerak dan Energik) dan Frozen Barbie. 

Kepala Dinas Kesehatan, Muh Nasrum menjelaskan bahwa program inovasi Larasati PSC 199 ialah pelayanan kegawatdarutan medis pra-rujukan dengan responS cepat melalui call center. Sehingga bisa mempercepat penanganan korban/pasien dengan menelepon ke 199.

"Selain Larasati, Antenatal Care Hipnoterapi juga sangat membantu masyarakat Luwu Utara terkhususnya untuk ibu ibu yang dalam kondisi mengandung karena antenatal care hipnoterapi adalah upaya mempersiapkan mental ibu hamil. Agar siap menghadapi persalinannya dan menghilangkan keluhan selama kehamilan untuk persalinan yang sehat dan selamat," ujarnya, Selasa (29/1/2019).

loading...

Nasrum juga menjelaskan bahwa abdi kesehatan masyarakat adalah kebijakan pro orang sehat melalui kegiatan promotif dan preventif yang difasilitasi oleh tenaga promotor kesehatan yang ada di puskesmas se-Luwu Utara.

"Kantong ibu dan bayi ini juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena kantong ibu dan bayi adalah upaya deteksi dini komplikasi kehamilan melalui kantong persalinan," tuturnya. 

Nasrum melanjutkan selain, untuk ibu hamil ada juga untuk lansia yaitu Kopi Gaul Keren (Kelompok Peduli Ibu Gabung Usia Lanjut Konsisten Bergerak dan Energik) memasyarakatkan olahraga melalui komunikasi potensial dalam penyelenggaraan gerakan masyarakat hidup sehat. Sementara Frozen Barbie adalah sugesti seragam pink dalam upaya memperdayakan lansia melalui kegiatan olahraga dan aktivitas fisik.

Loading...
Loading...