Selasa, 29 Januari 2019 09:58 WITA

PBB Minta Yaman Dikosongkan dari Pihak yang Bertikai

Editor: Andi Chaerul Fadli
PBB Minta Yaman Dikosongkan dari Pihak yang Bertikai
Khaled Abdullah / Reuters

RAKYATKU.COM - Utusan khusus PBB untuk Yaman mendesak pihak-pihak yang bertikai di negara itu untuk menarik pasukan mereka dari kota pelabuhan Hodeidah, jalur kehidupan bagi jutaan warga Yaman yang kelaparan, setelah badan-badan bantuan memperingatkan kondisi di negara miskin itu memburuk dengan cepat.

Martin Griffiths, yang tiba di ibukota yang dikuasai pemberontak, Sanaa, pada Senin untuk perjalanan ketiganya ke Yaman bulan ini, mengatakan sementara ada "perubahan jadwal" baik dalam penarikan pasukan yang diusulkan dan pertukaran tahanan, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (29/1/2019). 

Sisi-sisi yang bertikai Yaman telah menyetujui serangkaian langkah-langkah pembangunan kepercayaan bulan lalu di Swedia yang mencakup sebuah rencana bagi Houthi untuk menarik diri dari kota pelabuhan Hodeidah yang diperebutkan dan menempatkannya di bawah kendali entitas sementara.

Kedua pihak juga telah bertukar nama sekitar 16.000 tahanan perang, dan perwakilan dari pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi mengatakan mereka memperkirakan transfer akan dimulai pada 19 Januari.

Tetapi sedikit kemajuan lebih lanjut telah dibuat, mempertaruhkan upaya perdamaian yang terungkap.

Loading...

"Mengingat fakta bahwa garis waktu agak ambisius dan kami sedang menghadapi situasi yang rumit di lapangan," kata Griffiths kepada surat kabar milik Saudi Asharq Al-Awsat.

"Momentum itu masih ada, bahkan jika kita telah melihat batas waktu implementasi diperpanjang, baik di Hodeidah dan sehubungan dengan perjanjian pertukaran tahanan."

"Lebih dari kapan pun di masa lalu, ada kemauan politik yang ditunjukkan oleh semua pihak untuk mengakhiri konflik ini," katanya.

"Apa yang perlu kita lihat sekarang adalah implementasi ketentuan perjanjian, sepenuhnya dan cepat."

Tags
Loading...
Loading...