Selasa, 29 Januari 2019 00:49 WITA

Ibu Kaget, Bayinya yang Berusia 23 Hari Memanggilnya "Mama"

Editor: Mays
Ibu Kaget, Bayinya yang Berusia 23 Hari Memanggilnya
Bayi berusia 23 hari di Tiongkok, bisa bicara.

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Rata-rata bayi mulai belajar berbicara pada usia sekitar satu tahun. Tetapi anak lelaki yang baru lahir di Tiongkok ini, tampaknya jauh di depan teman-temannya.

Anak itu mengejutkan ibu dan susternya, setelah mengucapkan kata 'mama' pada usia 23 hari.

Ibu anak laki-laki itu mengatakan, meskipun putranya sepertinya membuat suara itu secara tidak sengaja, dia dan keluarganya masih kagum dengan apa yang telah mereka dengar. 

Bayi itu 'berbicara' untuk pertama kalinya ketika dia menerima pijatan punggung di sebuah pusat perawatan pascanatal di Changchun, Provinsi Jilin, Cina utara, pada 20 Januari. 

Adegan yang tidak biasa ditangkap dalam video yang direkam oleh ibu anak itu, sebelum dibagikan secara online. 

Dalam klip 10 detik, bocah itu terlihat ditelungkupkan di atas meja, ketika seorang perawat memijat punggungnya dengan lembut. 

Tiba-tiba, bayi yang baru lahir terdengar berkata 'aiya', dan ibunya yang bersemangat berkata, "Anak ini sangat lucu."

Namun beberapa detik kemudian, bocah itu tiba-tiba memanggil 'mama', meninggalkan ibu dan staf medisnya benar-benar terpana.

Ibu bocah itu, yang tetap tidak dikenal, mengatakan kepada Stasiun TV Jilin, bahwa putranya telah menyelesaikan pelajaran renang hari itu. 

Dia bilang dia hanya memberinya sedikit susu sebelum kelas berenang, untuk mencegahnya muntah, dan kelaparan bisa menjadi alasan baginya untuk membuat suara yang tidak biasa.

loading...

Orang tua baru mengatakan kepada wartawan: "Dia telah menangis sebelum dan selama pijatan.

"Mungkin dia marah (bahwa saya tidak memberinya cukup susu), dan kemudian tiba-tiba mengeluarkan suara ("mama").

"Meskipun tidak disengaja, keluarga suamiku sangat bahagia."

Staf di pusat postnatal mengatakan, dibandingkan dengan bayi lain, bayi laki-laki itu mampu membuat suara yang sangat khas.

Rata-rata bayi mengatakan kata pertamanya sekitar 12 bulan dan pada 18 bulan, kosakata 10 hingga 20 kata dapat dibangun. 

Mengomentari klip video, seorang dokter dari Rumah Sakit Anak Changchun setuju, bahwa bocah itu mengeluarkan suara tanpa sengaja. 

Zhang Xiaoming, direktur Departemen Psikologi Anak di rumah sakit, mengatakan kepada wartawan: "Bayi yang berusia antara satu dan dua bulan berlatih membuat suara dengan organ vokal mereka, seperti tenggorokan dan bibir mereka.

"Meskipun bayi ini mengatakan 'mama' dengan sangat jelas, itu masih suara yang tidak disadari," ujarnya.

Loading...
Loading...