Senin, 28 Januari 2019 22:13 WITA

Baksos di Barru, Himaprodi PBSI UNM Gaungkan Gerakan Literasi Nasional

Penulis: Deni Indrawan
Editor: Aswad Syam
Baksos di Barru, Himaprodi PBSI UNM Gaungkan Gerakan Literasi Nasional
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar bakti sosial pendidikan di Kabupaten Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar bakti sosial pendidikan di Kabupaten Barru.

Kegiatan yang merupakan wujud Tri Dharma perguruan tinggi ini, yakni pengabdian kepada masyarakat, secara resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan Barru di Lapangan Lappabila, Desa Lalabata, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin (28/1/2019) siang.

Kadisdik Barru, Abustan, mengaku sangat bangga dan mengapresiasi mahasiswa bahasa Indonesia, dari kampus pencetak guru ini memilih tanah 'Collieq Pujie' sebagai lokasi baksos.

"Saya mewakili pemerintah kabupaten Barru, mengapresiasi kegiatan baksos pendidikan ini. Kehadiran kalian di tengah-tengah masyarakat untuk mengabdi, sangat dibutuhkan. Harapannya, semangat pendidikan itu menular kepada masyarakat, khususnya semangat literasi," ujar Abustan dalam sambutannya.

Ketua Bidang SDM Himaprodi, Lilis mengatakan, salah satu bagian penting dari baksos pendidikan ini, adalah seminar literasi. Pasalnya, seminar ini menggandeng Satgas literasi dari Kemendikbud.

Loading...

"Seminar literasi ini akan dihadiri Bupati dan para guru, karena dari Kemendikbud ada gerakan literasi Nasional. Kita berharap, pasca kegiatan ini, Pemkab Barru merumuskan Perda literasi, agar gerakan literasi dapat dilakukan secara masif," harap penanggung jawab program baksos ini melalui via Whatsapp.

Lilis melanjutkan, mengawali gerakan literasi ini, Himaprodi PBSI mengadakan lomba pidato dan baca puisi, melibatkan siswa SMP se-kabupaten Barru.

"Selama sepekan, ada banyak item kegiatan. Di antaranya, pelatihan menulis puisi, pidato, gerakan cinta bahasa Indonesia di Sekolah. Setelah itu, kita rajut jiwa kompetisi para siswa melalui lomba tersebut," pungkas Lilis.

Loading...
Loading...