Senin, 28 Januari 2019 05:00 WITA

Asal Muasal Sujud Dilakukan Dua Kali dalam Satu Rakaat Salat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Asal Muasal Sujud Dilakukan Dua Kali dalam Satu Rakaat Salat
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Dalam satu rakaat semua rukun salat hanya sekali dikerjakannya tetapi khusus sujud dilakukan dua kali. Rupanya, dua kali sujud ada sebab musababnya.

Keterangan ini dapat dibaca dalam kitab al-Jauhar al-Mauhub wa Munbihat al-Qulub karya Syekh Ali b. Abdurrahman seorang ulama asal Kelantan.

Dua kali sujud dalam rakaat salat diperintahkan agar manusia tidak mengikuti cara sujudnya iblis. Kapan iblis pernah sujud? Dulunya iblis adalah makhluk yang diteladani malaikat, ketika namanya masih dipanggil dengan Azazil.

Azazil sangat prestisius: 40 ribu tahun menghuni surga dengan menjalani ibadah sebanyak 120 ribu pertahunnya. Azazil pernah memimpin mujahadah di antara para malaikat 40 ribu tahun lamanya.

Karena kesalehan Azazil ini para malaikat banyak bertawasul kepada-nya. Termasuk ketika malaikat Israfil menjumpai satu hamba Allah yang beribadah 80ribu tahun tapi ditolak amalnya oleh Allah, ia bertawasul kepada Azazil. Tujuannya supaya Allah tidak murka kepada satu hamba yang telah beribadah selama 80 ribu tahun.

Malaikat Israfil berkata, “Hai Azazil, tolong doakan hamba itu agar tidak dimurkai Allah!”

Loading...

Maka Azazil pun berdoa, “Ya Allah jangan murkai mereka.” Azazil di satu sisi adalah sosok yang rajin ibadah tapi di sisi lain dia tidak pernah berdoa untuk dirinya sendiri. Dia beribadah dengan cara sujud sekali. Tidak seperti manusia yang diperintahkan sujud dua kali hingga berkesempatan untuk berdoa buat diri manusia sendiri pada saat duduk di antara dua sujud.

Dengan kata lain, Azazil adalah tipikal makhluk yang percaya diri dengan ibadahnya sendiri dan seakan dia tidak butuh berdoa untuk dirinya.

Hingga suatu saat tibalah berita bahwa Allah akan menciptakan manusia bernama Adam. Azazil yang sudah terlanjur percaya diri paling baik tak mau tersaingi dengan makhluk baru bernama Adam. Apalagi pada saat dia diperintahkan bersujud kepada Adam dengan rasa congkak dia menolak perintah itu.

Akhirnya Azazil diusir dan dilaknat oleh Allah menjadi Iblis yang selalu menyesatkan manusia. Oleh sebab itulah agar manusia tidak seperti Azazil, oleh Allah diperintahkan untuk sujud dua kali dalam setiap rakaat salat.

Tags
Loading...
Loading...