Kamis, 24 Januari 2019 19:10 WITA

Tinjau Banjir Sulsel, Kepala BNPB Bawa Bantuan Rp1,1 Miliar

Penulis: Fathul Khair
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tinjau Banjir Sulsel, Kepala BNPB Bawa Bantuan Rp1,1 Miliar
Kepala BNPB, Doni Monardo menyerahkan bantuan ke Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pascabanjir yang terjadi di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo berkunjung ke Sulsel, Kamis (24/1/2019). 

Doni datang ke Makassar, dijemput langsung Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Doni yang baru dilantik sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019 ini, juga membawa bantuan dari Jakarta. 

Bantuan itu ia serahkan kepada Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur Sulsel. Doni menyerahkan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp1,1 miliar lebih. 

Dana itu untuk operasional tanggap darurat bencana banjir dan longsor untuk BPBD Provinsi Sulsel, BPBD Kabupaten Gowa, BPBD Kabupaten Jeneponto, BPBD Maros dan BPBD Kota Makassar.

"BNPB juga membawa paket bantuan langsung ke Sulsel. Semuanya dibawa ke Sulsel oleh Kepala BNPB," kata Kepala BPBD Sulsel, Syamsibar.

Loading...

Selain uang tunai, Doni juga membawa bantuan paket logistik. Diantaranya tenda gulung 250 lembar, sandang 425 paket, selimut 560 lembar, paket perlengkapan keluarga 100 paket, perlengkapan bayi 202 paket, matras 240 lembar, kantong mayat 30 lembar, karung pasir 300 lembar, makanan siap saji 540 paket, lauk pauk 714 paket, makanan tambahan gizi 690 paket.

Syamsibar menjelaskan, BPBD Sulsel juga sudah menyalurkan sejumlah bantuan ke korban bencana banjir. Ada 1.000-an lebih paket logistik yang sudah disalurkan. 

"Bantuan yang ada sekarang masih ada dari kabupaten/kota dan provinsi. Itu memang mau kita distribusi sampai habis. Tapi sebelum habis, mudah-mudahan sudah ada tambahan," ungkap Syamsibar.

Loading...
Loading...