Rabu, 23 Januari 2019 09:46 WITA

Geram, Ketua DPRD Parepare Sebut PT Soechi Lines Kerap "Nakal"

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Geram, Ketua DPRD Parepare Sebut PT Soechi Lines Kerap
Ketua DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Insiden tumpahan minyak di pantae Cempae, Soreang, Parepare pada Kamis lalu (10/1/2019) hingga kini masih menjadi polemik. Pasalnya, hingga kini belum ada kejelasan terkait sumber dan jenis minyak tersebut.

Dalam BAP oleh KSOP Parepare terhadap Nakhoda Kapal MT Golden Pearl XII, Kholid Mawardi, diungkapkan ada kebocoran terhadap salah satu Generator LO Cooler pada kapalnya. Namun, dalam Rapat Dengar Pendapat bersama DPRD Parepare, pernyataan Nakhoda merubah pernyataan sebelumnya, dengan mengungkapkan kerusakan terjadi pada Propeller Kapal yang menyebabkan adanya rembesan oli sekira 100-200 liter.

"Data yang kami dapatkan memang PT Soechi beberapa kali nakal," ujar Kaharuddin, Rabu (22/1/2019).

Pernyataan Kaharuddin kemudian ditimpali dukungan oleh Ketua Majelis Pengurus Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Parepare, Fadly Agus Mante.

"Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya 1 kapal yang bermasalah, akar permasalahan ada di perusahaannya itu sendiri," ungkap  Fadly.

Bukan hanya sekali, berikut rangkuman beberapa "kenakalan" PT Soechi:

Loading...

1. 19 Mei 2010 – Soechi XIX menabrak KM Dian No 1 sampai tenggelam di Teluk Jakarta dengan kecepatan penuh karena mengabaikan upaya awak KM Dian No 1 berkomunikasi melalui radio VHF dan juga lampu sorot. Akibat kelalaian Soechi Chemical XIX maka KM Dian No 1 tenggelam.  

2. 13 Oktober 2010 – MT Angelia XVI yang disewa Pertamina tertangkap di perairan Kalimantan Selatan karena "kencing" muatannya. Saat ditangkap kapal dengan ukuran tersebut sedang membawa solar serta premium milik Pertamina.

3. 18 Oktober 2010 – Masalah sewa lahan galangan kapal PT Multi Ocean Shipyard (MOS) Izin-izin atas sewa lahan milik pemerintah dan penggunaan lahan laut untuk reklamasi belum berada di tangan DPRD Karimun. Ketua Komisi A DPRD Karimun saat itu, Jamaluddin Sahari mengungkapkan ada dugaan pelanggaran dan mendesak pemerintah daerah menutup aktivitas MOS.

4. 27 Agustus 2012 – Soechi Lesmana terbakar, 2 Orang Tewas 2 Kritis
MT Soechi Lesmana yang sedang disewa Pertamina dan mengangkut 6.000 ton solar dan premium meledak dan terbakar di perairan Mamuju mengakibatkan dua orang tewas dan dua orang kondisi kritis setelah mengalami luka bakar. Akhirnya kapal ini kandas dekat Kota Mamuju.

5. 3 Desember 2012 – Penyelundupan BBM Soechi Anindya
MT Soechi Anindya selaku pemegang kontrak Pertamina membawa minyak dari Terminal Pertamina di Pulau Sambu. Namun dalam perjalanan, kapal itu berbelok arah ke perairan Malaysia. Selanjutnya segel dirusak dan 300 ton BBM dipompa dari MT Soechi Anindya ke MT Fulfill.

Loading...
Loading...