Selasa, 22 Januari 2019 23:40 WITA

Cegah Abrasi, Polres dan Kodim 1404 Pinrang Tanam Bakau di Pesisir

Penulis: Junaedi
Editor: Nur Hidayat Said
Cegah Abrasi, Polres dan Kodim 1404 Pinrang Tanam Bakau di Pesisir

RAKYATKU.COM, PINRANG - Berbagi upaya untuk meningkatkan perbaikan lingkungan di kawasan pesisir terus dilakukan Polres Pinrang.

Di antaranya dengan menanam pohon bakau (mangrove) sebagai salah satu langkah mencegah abrasi. 

Bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang, Kodim 1404, dan WWF-ID Polres Pinrang beserta Bhayangkari Cabang Pinrang melaksanakan bakti sosial penanaman bibit pohon bakau/mangrove di wilayah pesisir pantai di Ujung Tape Kelurahan Pallameang Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang, Selasa (22/1/2019).

Kapolres Pinrang, AKBP Bambang Suharyono, mengatakan mangrove tersebut memiliki akar kuat dan tahan terhadap serangan hama sehingga dapat tumbuh subur di kawasan pesisir.

Loading...

"Bila dibandingkan dengan tanaman sejenis, ini lebih baik termasuk dapat menahan gelombang mencegah abrasi pantai," kata Bambang

Dalam sosialisasi itu perlu peran penduduk terutama yang bermukim di kawasan pesisir karena menjaga ekosistem pantai merupakan tugas bersama, tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah, tetapi juga oleh warga. 

"Budi daya mangrove sangat penting demi menjaga agar lingkungan pantai tidak rusak oleh hantaman gelombang laut," tuturnya.

Loading...
Loading...