Selasa, 22 Januari 2019 14:07 WITA

Sejarah Baru, Mantan Kapolres Gowa dan Luwu Utara Jadi Kapolda Sulsel

Penulis: Azwar Basir
Editor: Abu Asyraf
Sejarah Baru, Mantan Kapolres Gowa dan Luwu Utara Jadi Kapolda Sulsel
Hamidin saat dilantik menjadi pejabat BNPT beberapa tahun lalu.

RAKYATKU.COM - Sejarah baru terjadi di tubuh Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel. Untuk pertama kalinya mantan kepala Polres Gowa dan Luwu Utara ditunjuk menjadi kapolda.

Dia adalah Irjen Pol Hamidin. Polisi kelahiran Pagaralam, Sumatera Selatan, 17 Oktober 1962 itu akan menggantikan Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono.

Hamidin menjadi orang kedua yang pernah menjadi kapolres di wilayah Sulawesi Selatan kemudian diangkat menjadi kapolda. Sebelumnya ada Burhanuddin Andi. Dia pernah menjadi kapolrestabes Makassar sebelum diangkat menjadi kapolda.

Sebelum ditunjuk jadi Kapolda Sulsel, Hamidin mengemban amanah sebagai direktur pencegahan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) sejak 5 Juni 2015.

Lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Dia tercatat empat kali menjabat kapolres. Selain di Luwu Utara dan Gowa, dia juga pernah menjadi kapolres di Tangerang dan Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Loading...

Dia juga pernah menjabat kepala Subden Penindak Densus 88/Antiteror Bareskrim Polri tahun 2008. Lalu, Irbidjemenopsnal II Itwil II Itwasum Polri, Irwasda Polda Sumbar, dan terakhir Direktur Pencegahan BNPT.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (22/1/2019) membenarkan bahwa Umar dimutasi ke Mabes Polri.

Umar Septono digantikan Irjen Pol Hamidin yang pernah di Densus 88 Antiteror. Sebelum menjadi kepala Polda Sulsel, Hamidin ditugaskan di BNPT sebagai Direktur Pencegahan.

Dicky Sondani mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada jadwal serah terima jabatan.

Loading...
Loading...