Selasa, 22 Januari 2019 06:30 WITA

Ini Jurusan Paling Dibutuhkan Perusahaan di Makassar

Penulis: Nurul Fadila
Editor: Aswad Syam
Ini Jurusan Paling Dibutuhkan Perusahaan di Makassar
Fungsional Pengantar Kerja Pertama Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Uyun Fanny Fahraeni. (Foto: Nurul Fadilah/Rakyatku.com)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mendapatkan pekerjaan merupakan cara untuk mengantisipasi tingkat pengangguran. Semua orang pasti menginginkan pekerjaan, terlebih bagi mereka yang telah lulus kuliah. 

Memiliki ijazah S1, tak cukup dijadikan sebagai patokan mendapatkan pekerjaan. Berasal dari kampus terkemuka dan dari jurusan yang paling banyak dibutuhkan perusahaan, merupakan salah satu syarat mendapatkan pekerjaan dengan cepat. 

Di Kota Makassar misalnya, beberapa kampus menjadi rujukan perusahaan, untuk kemudian merekrut karyawan baru.

Fungsional Pengantar Kerja Pertama Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Uyun Fanny Fahraeni mengatakan, kampus yang berpotensi di dunia kerja yakni, kampus Universitas Hasanuddin, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM) Bongaya, Universitas Fajar dan Poltek. 

"Seperti yang kita tahu pasti di Makassar, Unhas dan pasti mereka cari kampus-kampus yang memang bagus akreditasinya," ucapnya, Senin (21/1/2019).

Uyun Fanny Fahraeni juga menambahkan, jurusan yang paling dibutuhkan di perusahaan seperti Akuntansi, Ekonomi, Administrasi, Manajemen dan juga Teknik. 

Berbagai cara yang dilakukan Disnas Ketenagakerjaan Kota Makassar untuk mengurangi tingkat penggangguran. Salah satunya dengan bimbingan jabatan dan memberikan gambaran tentang dunia kerja. 

"Turun ke sekolah-sekolah untuk kasi bimbingan jabatan, kasi penyuluhan. Dari siswa SMP yang mau kerja, kita arahkan masuk SMK dan kalau mau kuliah cari jurusan yang memang daya serapnya di Kota Makassar, apa yang dibutuhkan," tegas Uyun. 

Di samping itu, potensi dan keahlian juga diprioritaskan perusahaan dalam mencari karyawan baru.

Loading...
Loading...

Berita Terkait