Minggu, 20 Januari 2019 11:41 WITA

Percetakan Surat Suara Pemilu 2019 di Makassar Dijaga Polisi Bersenjata Lengkap

Penulis: Himawan - Arfa Ramlan
Editor: Aswad Syam
Percetakan Surat Suara Pemilu 2019 di Makassar Dijaga Polisi Bersenjata Lengkap
Percetakan surat suara di PT Adi Perkasa, Jl Adipura Raya, Makassar. (Foto: Arfa Ramlan/Rakyatku.com)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisioner KPU RI, Viryan Azis, mengunjungi langsung percetakan PT Adi Perkasa Makassar, di Jalan Adipura Raya Makassar, Minggu (20/1/2019). Kedatangan ini dalam rangka memantau proses percetakan surat suara Pemilu 2019.

Viryan tiba di PT Adi Perkasa sekitar pukul 10.45 Wita. Kedatangannya diterima langaung Direktur PT Adi Perkasa, Makmur Nakku. Selain itu, ada juga Komisioner KPU Sulsel yang hadir di tempat itu. 

Dari pantauan Rakyatku.com, sejumlah polisi bersenjata lengkap, turut berjaga di lokasi percetakan ini. Direncanakan, Viryan akan memantau langsung mesin-mesin yang mencetak surat suara tersebut. 

Proses pencetakan surat suara secara masif tersebut, dilakukan setelah sebelumnya digelar tahapan percetakan awal pada Rabu (16/1/2019) lalu. Percetakan awal tersebut, guna memastikan kualitas surat suara sudah sesuai standar yang dicanangkan.

Salah satu dari enam perusahaan pemenang lelang percetakan surat suara tersebut, berbasis di Makassar, yakni PT Adi Perkasa Makassar, yang beralamat di Jalan Adipura Raya.

Loading...

"Prosesi pencetakan surat suara untuk area Makassar Minggu di PT Adi Perkasa. Agendanya adalah opening speech cetak perdana surat suara Pemilu 2019, dan tour ceremonial cetak perdana surat suara ke lokasi produksi," kata Direktur PT Adi Perkasa, Makmur Nakku, Sabtu (19/1/2019).

Sekadar diketahui, selain PT Adi Perkasa Makassar, lima perusahaan pemenang lelang pencetakan surat suara lainnya yang ditunjuk KPU RI masing-masing PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Aksara Grafika Pratama (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), serta PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur).

Keenam perusahaan tersebut, nantinya akan mencetak 939.879.651 lembar surat suara, yang mencakup surat suara Pilpres, DPD, DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI.

Sebelumnya, surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019 sudah divalidasi pada Jumat (4/1/2019) lalu. Validasi ditandai dengan penandatanganan surat suara, oleh seluruh peserta pemilu. Pencetakan surat suara Pemilu 2019 sendiri ditargetkan rampung pada pertengahan Maret mendatang.

Loading...
Loading...