Rabu, 20 Juli 2016 11:44 WITA

BPOM Sulselbar Jamin Vaksin Palsu Hanya Beredar di Jawa

Penulis: Andi Dahrul Mahfud Muchtar
Editor: Adil Patawai Anar
BPOM Sulselbar Jamin Vaksin Palsu Hanya Beredar di Jawa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulselbar, Muhammad Guntur menjamin, vaksin palsu yang beredar di Pulau Jawa, tidak beredar di Sulselbar. 

Menurutnya, semenjak berita vaksin palsu beredar, dirinya langsung mengambil langkah cepat untuk melakukan pemeriksaan diberbagai Rumah Sakit yang ada di Makassar dan wilayah lainnya.

"Dari rumah sakit hingga puskesmas, sampai hari ini pun, alhamdulillah belum kita temukan di wilayah Sulselbar. Itu hanya di Pulau Jawa dan tidak sampai beredar ke wilayah Indonesia Timur," ujar Muhammad Guntur, kepada Rakyatku.com.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap distributor vaksin yang masuk ke Sulselbar.

loading...

"Kita juga sudah cek distribusinya (vaksin), yang beredar di wilayah kita itu vaksin asli yang diproduksi dari Biofarma Bandung, dan itu legal," ungkapnya.

Jika nantinya ditemukan adanya vaksin atau obat-obatan palsu, Guntur mengatakan, akan langsung menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum untuk diproses sesuai aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rahmat Latief mengatakan, pihaknya menjamin keaslian vaksin dan obat-obatan yang digunakan di Rumah Sakit pemerintah.

Loading...
Loading...