Kamis, 17 Januari 2019 04:30 WITA

Musim Hujan, Kesempatan Emas untuk Berdoa

Editor: Abu Asyraf
Musim Hujan, Kesempatan Emas untuk Berdoa
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Orang-orang kerap mengeluh saat hujan turun atau saat memasuki musim hujan. Ada yang merasa terganggu aktivitasnya. Padahal, turunnya hujan menjadi kesempatan emas untuk berdoa.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, "Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, 'Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, menjelang salat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” (Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah)

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, "Dua doa yang tidak akan ditolak: doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi)

Doa yang amat baik dibaca kala itu adalah memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Doa yang dipanjatkan adalah, "Allahumma shoyyiban nafi'an". Artinya, "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat."

Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha. Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdoa ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan."

Tentang hadis tentang doa yang tak tertolak saat turun hujan, Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud (2290) mengatakan, "Hadis ini shahih, adapun ziyadah-nya hasan".
 

Loading...
Loading...

Berita Terkait