Rabu, 16 Januari 2019 17:50 WITA

"Ada Emasta Rp7,5 Kg?" Tanya Pengacara, "Itu Punyaku Pak, Bukan Milik Jemaah," Jawab Istri Hamzah

Penulis: Himawan
Editor: Mays
Nursyariah Mansyur (kanan), di persidangan kasus Abu Tours, di PN Makassar, Rabu (16/1/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Manajer Keuangan Abu Tours M. Kasim Sanusi bersaksi. Ada transfer dengan total Rp3 miliar dari rekening Abu Tours ke rekening pribadi Nursyariah Mansyur, istri Hamzah Mamba, bos Abu Tours. 

Transfer ini kata Kasim, merupakan tebusan emas seberat 7,5 kilogram, yang digadaikan ke Pegadaian di Makassar.

"Ada emasta Rp7,5 kg," tanya pengacara.

"Bukan pak. Itu bukan dari dana jemaah umrah Abu Tours," ujarnya, dalam sidang lanjutan perkara penipuan Abu Tours di PN Makassar, Rabu (16/1/2019).

Komisaris Abu Tours ini, mengaku mengumpulkan emas itu dari tahun 2005 hingga 2015. 

"Sebelum Abu Tours berdiri, saya sudah punya emas dari 2012 sebesar 2 kilogram. Saya dapatkan itu dari bantu suami saya untuk buat produk. Di Jakarta, suami saya punya franchise," kata ibu tiga anak ini. 

Majelis hakim serta jaksa, dibuat ragu dengan pernyataan ini. Salah satu Jaksa Penuntut Umum Nana Riana, bahkan membeberkan jika seluruh penghasilan Nursyariah Mansyur ditotalkan, nilainya hanya mencapai Rp624 juta. Berbeda jauh dari total jumlah emas yang mencapai Rp3 miliar. 

loading...

"Belinya bertahap pak. Kadang beli 5 gram. Bermacam-macam," demikian keterangan Nursyariah, ketika pengacaranya menanyakan emas itu. 

Kepemilikan emas berkilo-kilo ini baru diketahui Jaksa Penuntut Umum, ketika Manajer Keuangan Abu Tours M. Kasim Sanusi berujar bahwa ada transfer dengan total Rp3 miliar dari rekening Abu Tours ke rekening pribadi Nursyariah Mansyur. 

Transfer ini merupakan tebusan emas seberat 7,5 kilogram itu yang digadaikan ke Pegadaian yang ada di Makassar. Emas itu digadaikan untuk membayar keperluan perusahaan Abu Tours. Dari keterangannya saat ini, emas itu kembali digadaikan dengan tujuan yang sama dengan sebelumnya. 

"Ditransfer ke rekening saya karena rekening saya dimasukkan ke MCM. Rekening saya dititipkan Hamzah, untuk bayar keperluan Abu Tours," tuturnya. 

Selain memiliki 7,5 kilogram emas, Nursyariah juga memiliki gaji sebesar Rp33 juta rupiah pada tahun 2017. Jumlah ini meningkat dua kali lipat yang pada tahun sebelumnya gajinya hanya mencapai Rp16 juta.

Loading...
Loading...