Rabu, 16 Januari 2019 08:27 WITA

Bibit Tanaman yang Dibawa China ke Bulan Mulai Tumbuh

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bibit Tanaman yang Dibawa China ke Bulan Mulai Tumbuh

RAKYATKU.COM - Benih yang dibawa ke sisi jauh bulan sebagai bagian dari misi eksplorasi bulan China telah tumbuh di tempat pertama untuk menumbuhkan materi biologis di satelit.

Atmosfer bulan terlalu tipis untuk menopang kehidupan itu sendiri. Tetapi belum pernah diketahui sebelumnya apakah mungkin bagi tanaman untuk tumbuh dalam kondisi terkendali di bulan meskipun telah tumbuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dikutip dari Sky News, Rabu (16/1/2019).

Sekarang dalam percobaan biologis pertama yang terjadi di bulan, biji kapas yang disimpan dalam wadah tertutup di atas pendaratan Chang'e 4 telah mulai tumbuh.

Jika kecambah berkembang, mereka akan membentuk daun hijau pertama di bulan. Namun tidak jelas apakah mereka akan berkembang melampaui perkecambahan.

Di samping mereka dalam ember tujuh inci di kargo pendarat adalah biji lobak, kentang dan arabidopsis, serta ragi, telur lalat buah, udara dan air.

Administrasi Antariksa Nasional Cina mengatakan bahwa mereka berharap tanaman akan membentuk biosfer mini, pada dasarnya ekosistem yang mampu mempertahankan dirinya sendiri.

Menurut CNSA, spesies biologis yang disaring untuk dikirim pada misi bulan harus melewati persyaratan ketat karena ukuran sangat terbatas yang diperbolehkan dalam kargo.

Mereka juga dipilih untuk dapat beradaptasi dengan kondisi bulan yang keras, di mana mereka harus menahan suhu yang kuat - baik tinggi dan rendah - serta radiasi.

Loading...

Masih ada jalan panjang sebelum habitat yang berkelanjutan dapat dikembangkan di permukaan bulan, tetapi percobaan dapat dianggap telah memulai proyek itu.

"Kami telah mempertimbangkan kelangsungan hidup di ruang angkasa di masa depan. Mempelajari pertumbuhan tanaman ini di lingkungan dengan gravitasi rendah akan memungkinkan kami untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan pangkalan ruang angkasa kami di masa depan," kata Profesor Liu Hanlong, yang memimpin eksperimen.

Meskipun hanya gambar kecambah kapas dirilis oleh badan antariksa, Profesor Hanlong mengatakan bahwa biji rapeseed dan kentang tumbuh.

China juga bertujuan untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars tahun depan, setelah misinya yang berhasil ke sisi jauh bulan.

Penjelajah bulan Jade Rabbit 2 dan penjelajah Chang'e 4 mendarat di bulan dalam beberapa hari terakhir dan sekarang telah mengambil gambar satu sama lain untuk dipelajari para ilmuwan.

Para pejabat di badan antariksa Tiongkok mengatakan mereka sekarang berencana untuk mengirim penyelidikan ke Mars pada tahun 2020 dan bertujuan untuk menindaklanjutinya dengan misi berawak ke planet ini.

Loading...
Loading...