Rabu, 16 Januari 2019 08:06 WITA

Disebar di 10 Basis, KPU Bantaeng Butuh 55 Relawan Demokrasi

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Andi Chaerul Fadli
Disebar di 10 Basis, KPU Bantaeng Butuh 55 Relawan Demokrasi

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng mencari relawan demokrasi (relasi) untuk Pemilu 2019. Dengan masa kerja sekitar 3 bulan, KPU Bantaeng akan merekrut 55 orang relasi yang akan dibagi dalam 10 basis.

Yaitu basis kelurga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet/netizen.

Ketua KPU Bantaeng, Hamzar menuturkan, bahwa saat ini sudah memasuki tahapan seleksi wawancara dalam perekrutan relawan demokrasi (relasi).

"Saat ini memasuki tahapan seleksi wawancara mulai tanggal 15 dan 16 (januari), kemudian pengumuman seleksi wawancara pada tanggal 17, yang selanjutnya pendaftaran ulang (lolos) tanggal 17 dan 18," ujarnya, Rabu (16/1/2019).

Hamzar menguraikan, bahwa sebanyak 159 yang mendaftar Relasi dan kesemuanya lulus berkas. "Yang direkrut ada 55 orang dengan sasaran sosialisasinnya 10 basis. Setiap basis itu rata-rata 5 orang. Tetapi alokasinya nanti berdasarkan kebutuhan penyebarannya," jelasnya.

Loading...

"Relasi merupakan salah satu barisan paling depan dalam melakukan sosialisasi kepada warga masyrakat untuk menumbuhkan kesadaran dan partisipasi pemilih," jelasnya.

Di tahapan seleksi wawancara ini, KPU Bantaeng pun membutuhkan tanggapan dari masyarakat bagi yang lulus relawan demokrasi (relasi).

Misalnya, kata Ketua KPU Bantaeng, bahwa dalam hal dari nama-nama yang lulus seleksi adminsitrasi terdapat peserta yang terindikasi/terbukti sebagai pengurus/anggota parpol dan/atau sebagai tim sukses dari salah satu peserta pemilu.

"Maka tanggapan/masukan tersebut akan kami terima paling lambat tanggal 16 Januari 2019 (hari ini). Masukan/tanggapan tersebut sangat mambantu kami untuk melakukan seleksi," imbuhnya.

Loading...
Loading...