Rabu, 16 Januari 2019 06:30 WITA

Hanya Bisa Mendengar Suara Perempuan, Apa Sih Reverse-slope Itu?

Editor: Nur Hidayat Said
Hanya Bisa Mendengar Suara Perempuan, Apa Sih Reverse-slope Itu?
(Foto: Pexels)

RAKYATKU.COM, XIAMEN - Bagaimana bila Anda bangun suatu pagi dan tidak dapat mendengar suara pasangan Anda? 

Itu adalah pengalaman yang menakutkan dari seorang wanita di Xiamen, Tiongkok, ketika dia menyadari tidak bisa mendengar pacarnya ketika dia berbicara.

Wanita itu, yang diidentifikasi hanya dengan nama keluarganya, Chen, segera ke rumah sakit Qianpu di kota itu. Ternyata, Chen bisa mendengar suara-suara perempuan, tetapi bukan laki-laki.

Chen didiagnosis dengan kondisi medis yang dikenal sebagai gangguan pendengaran lereng terbalik, yang berarti dia hanya bisa mendengar frekuensi tinggi.

Menurut laporan Daily Mail, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan perempuan yang merawatnya, Dr Lin Xiaoqing, mengatakan: "Dia bisa mendengar saya ketika saya berbicara dengannya, tetapi ketika seorang pasien pria muda berjalan, dia tidak bisa mendengarnya sama sekali."

Chen mengatakan dia merasa mual pada malam sebelumnya dan mendengar dering di telinganya dan berpikir tidur malam yang baik akan menyelesaikan masalahnya.

Dr Lin menambahkan bahwa stres dan kelelahan dapat berkontribusi pada kondisi tersebut setelah Chen mengatakan kepadanya bahwa dia baru saja bekerja lembur dan kurang tidur. Dia juga menekankan pentingnya mengobati gejala seperti itu dengan cepat.

Untungnya bagi Chen, Dr Lin mengatakan dia diharapkan untuk membuat pemulihan penuh.

Apa itu kehilangan pendengaran reverse-slope?

Loading...

Menurut Audiology Inc, gangguan pendengaran reverse-slope (RSHL) adalah kondisi yang langka, hanya mempengaruhi 3.000 orang di Amerika Serikat dan Kanada.

Ini dikenal sebagai 'reverse-slope' karena bentuknya pada audiogram adalah kebalikan dari ski-slope (frekuensi tinggi) gangguan pendengaran. Grafik dimulai di sudut kiri bawah dan miring ke atas dengan curam. 

RSHL juga dikenal sebagai gangguan pendengaran frekuensi rendah.

Penyebab utama kontribusi RSHL adalah genetika, tetapi penyakit tertentu yang mempengaruhi sel-sel rambut yang bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi suara dari telinga bagian dalam ke otak telah terlibat juga. Contohnya termasuk gangguan pendengaran mendadak, penyakit Ménière, dan infeksi virus. 

Sumber RSHL lain yang mungkin adalah karena perubahan tekanan endolymph, atau cairan di telinga bagian dalam. 

Karena RSHL memengaruhi frekuensi yang lebih rendah, pasien yang terkena mungkin tidak dapat mendengar suara seperti gemuruh petir atau dengungan lemari es. Ini juga menimbulkan bahaya karena mereka mungkin tidak dapat mendengar suara mobil datang, misalnya.

Tetapi RSHL jangka panjang bisa sulit diobati karena pengaturan alat bantu dengar dimaksudkan untuk gangguan pendengaran frekuensi tinggi - kondisi yang lebih umum. Seorang audiolog harus membangun pengaturan alat bantu dengar dari bawah ke atas.

Loading...
Loading...