Senin, 14 Januari 2019 23:39 WITA

Kepala Polisi Diadili, Atas Kematian 95 Fans Liverpool

Editor: Aswad Syam
Kepala Polisi Diadili, Atas Kematian 95 Fans Liverpool
Komandan pertandingan Hillsborough David Duckenfield (kiri) dan mantan sekretaris klub Sheffield Wednesday Graham Mackrell (kanan) dalam sketsa di dermaga hari ini, ketika pemilihan juri dimulai.

RAKYATKU.COM, LIVERPOOL - Komandan pertandingan Hillsborough David Duckenfield, tiba untuk memulai persidangan empat bulan. Dia dituduh melakukan pembunuhan terhadap 95 dari 96 penggemar Liverpool, yang tewas dalam bencana 1989.

Pensiunan polisi berusia 74 tahun itu, berada di dermaga di Preston Crown Court, dengan mantan sekretaris klub Rabu Sheffield Graham Mackrell (69), yang dituduh melakukan pelanggaran kesehatan dan keselamatan.

Persidangan mereka diperkirakan akan berlangsung hingga Mei - dengan istirahat pada pertengahan April, untuk memperingati peringatan 30 tahun bencana stadion sepakbola terburuk dalam sejarah. 

Mantan kepala inspektur Polisi South Yorkshire Duckenfield (74), dituduh melakukan pembunuhan itu karena kelalaian berat 95 pendukung Liverpool di semi final Piala FA, pada 15 April 1989.

Sembilan puluh enam pria, wanita dan anak-anak tewas di ujung Sheffield Wednesday, pada pertandingan antara Liverpool dan Nottingham Forest.

Di bawah undang-undang pada saat itu, tidak ada penuntutan atas kematian korban yang ke-96, Tony Bland, 22, karena ia meninggal lebih dari setahun dan sehari setelah luka-lukanya disebabkan.

Mackrell (69), yang adalah petugas keselamatan klub, didakwa melanggar syarat atau ketentuan sertifikat keselamatan stadion dan satu pelanggaran kesehatan dan keselamatan.

Kedua pria itu, yang keduanya membantah tuduhan itu, diperkirakan akan hadir di Pengadilan Preston Crown pada hari Senin untuk persidangan, yang akan berlangsung hingga empat bulan.

Ini akan dimulai setelah juri dipilih. 

Para calon juri, hari ini telah diberikan kuesioner untuk memastikan kecocokan mereka untuk seleksi.

Mantan kepala pengawas David Duckenfield (74), telah mengaku tidak bersalah.

Loading...

Sekitar 100 calon juri dibawa ke Pengadilan 1 di Pengadilan Preston Crown, Lancashire, untuk diberi tahu bahwa persidangan dapat berlangsung hingga empat bulan.

Hakim Sir Peter Openshaw mengatakan kepada mereka: "Opini publik di negara ini sangat mendukung sistem persidangan oleh juri, terutama dalam kasus-kasus serius. 

"Saya tahu bahwa panggilan juri Anda menunjukkan bahwa layanan juri biasanya hanya selama dua minggu, tetapi beberapa persidangan memakan waktu lebih dari dua minggu dan saya harus mencari juri, jika saya bisa, untuk mengadili kasus penting yang mungkin bertahan tiga atau bahkan empat bulan."

Duckenfield duduk bersama mantan sekretaris klub Wednesday Sheffield, Graham Mackrell (69), yang didakwa melanggar sertifikat keselamatan stadion dan pelanggaran kesehatan dan keselamatan.

Sir Peter menambahkan: "Dalam kasus ini satu terdakwa didakwa melakukan pembunuhan dan yang lainnya dengan dua pelanggaran kesehatan dan keselamatan yang timbul dari bencana stadion Hillsborough di semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest dimainkan di Sheffield pada 15 April yang lalu 1989."

18 pertanyaan yang diajukan pria dan wanita termasuk apakah mereka, keluarga atau teman-teman telah menghadiri permainan atau mengetahui siapa saja yang telah meninggal di sana 29 tahun yang lalu.

Pendukung klub sepak bola Liverpool, Everton, Sheffield Wednesday atau Nottingham Forest kemungkinan akan dikeluarkan.

Kuesioner juga menanyakan, apakah mereka atau anggota keluarga atau teman dekat pernah menjadi polisi atau dipekerjakan oleh polisi, Layanan Penuntutan Mahkota, Komisi Pengaduan Polisi Independen atau lembaga peradilan pidana.

Duckenfield dan Mackrell diminta untuk berdiri dan menghadapi calon anggota juri, dan panel ditanya apakah mereka mengenali salah satu nama saksi yang dibacakan. 

Calon anggota juri juga ditanya, apakah mereka memiliki masalah kesehatan atau pernikahan atau liburan yang dipesan.

Loading...
Loading...