Rabu, 20 Juli 2016 08:29 WITA

Lokasi Rendah, Kantor Dinas PSDA Wajo Langganan Banjir

Penulis: Rizal
Editor: Vkar Sammana
Lokasi Rendah, Kantor Dinas PSDA Wajo Langganan Banjir

RAKYATKU.COM, WAJO - Bercerita banjir, Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) sudah menjadi langganan banjir setiap kali hujan mengguyur Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Ketinggian air bisa mencapai 50 sentimeter dari lantai kantor.

"Sebenarnya hanya air transit, karena memang lokasi kantor yang rendah terlebih lagi Jl Andi Paggaru sudah ditinggikan, rencananya akan ditambah ketinggian kantor sekitar 50 sentimeter, ini sebenarnya aset Pemprov jadi Pemda hanya pijam pakai," terang kepala Dinas PSDA Kabupaten Wajo, Firmansyah Parkessi.

Menurutnya, draenase (Selokan) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengeringkan suatu kawasan dari genangan air. Jadi sebaiknya pembangunan drainase tetap berpedoman pada sistem yang telah dibuat.

Sisa bagaimana kita mensosialisasikan pada masyarakat bagaimana sistem itu bisa berfungsi dengan baik, lanjut Firmansyah Parkessi. Seperti tidak menjadikan selokan sebagai tempat sampah dan jangan mengecilkan kapasitas selokan saat membangun rumah dan lain sebagainya, tentu pengawasan pemerintah sangat dibutuhkan juga.

"Perlu kesadaran bersama untuk tidak merubah kapasitas tampungan air di selokan terutama selokan tertierdan sekunder,"tutup mantan kepala Bappeda iniRA

Tags
Loading...
Loading...