Senin, 14 Januari 2019 17:18 WITA

"Hukum Mati Saja Itu", Kas Jemaah Abu Tours Ternyata Tinggal Rp2 Miliar

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Sidang Abu Tours, Senin (14/1/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jumlah kas yang ada di dalam rekening perusahaan PT Abu Tours Travel diketahui tinggal Rp2 miliar. Jumlah ini tentu sangat kecil bila harus memberangkatkan calon jemaah umrah yang berjumlah puluhan ribu.

Bos Abu Tours Hamzah Mamba saat ditanya ketua majelis hakim Denny Lumban Tobing membenarkan kas dalam rekening Abu Tours pada 2018 tinggal Rp2 miliar. Hal inilah yang kemudian membuat para agen dan jemaah yang hadir meneriaki bos Abu Tours itu. 

"Hukum mati saja itu. Penipu," kata salah seorang agen yang turut menyaksikan sidang pemeriksaan Hamzah Mamba, Senin (14/1/2019).

Hakim kembali bertanya kepada Hamzah awal mula dirinya mendapatkan agen lebih dari seribuan orang. Abu Hamzah mengatakan agen itu merupakan jemaah yang datang menawarkan diri ke kantor Abu Tours untuk mencarikan jemaah. 

Loading...

"Jadi setiap dapat satu jemaah untungnya itu sekitar Rp500 ribu," kata Hamzah. 

Hamzah mengakui jumlah kas yang sangat kecil Abu Tours itu sudah dibayarkan di tahun sebelumnya. Namun ia menampik uang jemaah yang dibayarkan di tahun sebelumnya belum sepenuhnya lunas. 

"Jadi masih ada jemaah yang belum lunas pembayarannya. Itu yang kami tunggu pelunasannya agar bisa memberangkatkan jemaah di tahun ini,"ucap pemilik perusahaan biro perjalanan umrah ini.

Loading...
Loading...