Senin, 14 Januari 2019 16:37 WITA

Terkait Keselamatan Pelayaran, KSOP Akan Panggil Nahkoda MT Golden Pearl XIV

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Andi Chaerul Fadli
Terkait Keselamatan Pelayaran, KSOP Akan Panggil Nahkoda MT Golden Pearl XIV

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Kita dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP) Parepare akan melakukan pemanggilan terhadap  nahkoda Kapal Tanker MT Golden Pearl XIV untuk meminta klarifikasi adanya tumpahan BBM jenis Solar di perairan Parepare. Pemanggilan tersebut akan dilakukan setelah kapal tanker sudah tiba di pelabuhan tujuan.

Kepala KSOP Parepare, Dahlan menjelaskan, kapal tanker tersebut bertolak dari Makassar, Senin 7 Januari dan tiba Kamis 10 Januari di Parepare. Dan kembali bertolak dari Parepare menuju Pelabuhan Baubau, Kamis 10 Januari.

Tapi pada saat tiba di Parepare untuk melakukan aktivitas bongkar muat BBM, diduga ada kelalaian dan kecerobohan. Sehingga terjadi tumpahan minyak di perairan.

Menurutnya, untuk mendalami kejadian tersebut tentu akan dilakukan klarifikasi bersama dengan pihak Pertamina dan nahkoda kapal tanker. "Saya baru mau pelajari ini kejadiannya, bagaimana kronologis sebenarnya," katanya.

Dia menambahkan, jika pemanggilan terhadap nahkoda tidak dilakukan sebelum berangkat itu dikarenakan adanya SOP yang diikuti.

"Kami tidak mau menghalangi perjalanannya, jangan sampai itu yang menjadi alasan, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan," jelas dia.