Senin, 14 Januari 2019 10:59 WITA

Menuju Saudi, Pompeo Bakal Tekan Putra Mahkota Terkait Pembunuhan Khashoggi

Editor: Suriawati
Menuju Saudi, Pompeo Bakal Tekan Putra Mahkota Terkait Pembunuhan Khashoggi
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan istrinya Susan tiba di Bandara Internasional Doha pada 13 Januari 2019. (Foto: AFP)

RAKYATKU.COM -  Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Minggu (13/01/20109) bahwa ia akan meminta Putra Mahkota Saudi memastikan para pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi bertanggung jawab atas kejahatan mereka.

Hal itu disampaikan diplomat top AS menjelang kunjungannya ke Arab Saudi.

"Kami akan terus melakukan pembicaraan dengan putra mahkota Saudi tentang memastikan pertanggungjawaban penuh dan lengkap sehubungan dengan pembunuhan yang tidak dapat diterima terhadap Jamal Khashoggi," kata Pompeo pada konferensi pers di Qatar.

"Jadi, kami akan terus membicarakan hal itu dan memastikan kami memiliki semua fakta sehingga mereka dimintai pertanggungjawaban, tentu saja oleh Saudi tapi juga oleh Amerika Serikat."

Pompeo melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada hari Minggu sebagai bagian dari perjalanan delapan hari ke Amman, Kairo, Manama, Abu Dhabi, Doha, Riyadh, Muscat, dan terkahir di Kuwait.

Loading...

Khashoggi terbunuh pada 2 Oktober di konsulat Saudi di Istanbul, Turki, dalam sebuah kasus yang mengejutkan dunia.

Wartawan itu dibunuh oleh tima yang dirikim dari Arab Saudi. Jenazahnya dipotong-potong di dalam konsulat, dan itu tidak pernah ditemukan.

Jaksa Riyadh telah mengumumkan dakwaan terhadap 11 orang, dan sedang mencari hukuman mati terhadap lima dari mereka.

Loading...
Loading...