Senin, 14 Januari 2019 08:59 WITA

Wali Kota Ditikam di Atas Panggung, Kondisinya Kritis

Editor: Suriawati
Wali Kota Ditikam di Atas Panggung, Kondisinya Kritis
Walikota Pawel Adamowicz (kedua dari kanan) selama acara amal di mana dia ditikam.

RAKYATKU.COM - Walikota Gdansk, di Polandia, ditikam di atas panggung acara amal pada hari Minggu (13/01/2019).

Menurut laporan NBC News, Walikota Pawel Adamowicz diserang dengan pisau ketika dia berdiri di atas panggung selama penggalangan dana Lights to Heaven yang diselenggarakan oleh Great Orchestra of Christmas Charity, badan amal terpenting Polandia.

Dia dilaporkan berada dalam kondisi yang sangat serius. Namun Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan bahwa "dokter berhasil menghidupkan kembali jantung Walikota Pawel Adamowicz yang terluka serius dan ada harapan, tapi kondisinya sangat kritis." Dia meminta orang-orang untuk berdoa bagi sang walikota.

TVN melaporkan bahwa setelah melakukan aksinya, penyerang berteriak dari panggung bahwa ia telah dipenjara meskipun tidak bersalah.

"Halo! Halo! Namaku Stefan, aku dipenjara tetapi tidak bersalah ... itu sebabnya Adamowicz baru saja meninggal," demikian kata penyerang setelah menusuk walikota.

Polisi mengatakan bahwa penyerang itu berusia 27 tahun, dan memiliki catatan kriminal serta telah melakukan perampokan bank.

Rekaman TVN menunjukkan Adamowicz di atas panggung, dan berbicara kepada hadirin. Ketika dia mengatakan bahwa ini "hari yang indah," saat itulah penyerang datang ke arahnya.

Wali Kota Ditikam di Atas Panggung, Kondisinya KritisAdamowicz telah menjadi walikota Gdansk, sebuah kota pelabuhan Baltik, sejak 1998. Ia adalah bagian dari oposisi demokratik yang lahir di kota itu di bawah kepemimpinan Lech Walesa selama 1980

Sebagai walikota, ia telah menjadi suara progresif, mendukung hak-hak LGBT dan toleransi bagi kaum minoritas. Dia berbaris dalam parade gay tahun lalu, tindakan langka bagi walikota di Polandia.

Dia juga menunjukkan solidaritas dengan komunitas Yahudi ketika sinagoge di kotanya mengalami kerusakan jendela tahun lalu

Sementara itu, Great Orchestra of Christmas Charity mengumpulkan uang untuk peralatan medis canggih untuk sistem perawatan kesehatan yang kekurangan uang di Polandia.