Senin, 14 Januari 2019 08:24 WITA

Buka Acara Amal, Walikota Ditikam di Depan Ratusan Orang

Editor: Andi Chaerul Fadli
Buka Acara Amal, Walikota Ditikam di Depan Ratusan Orang

RAKYATKU.COM - Seorang Walikota di Polandia diserang saat berada di atas panggung pada pembukaan acara amal. Pawel Adamowicz, merupakan walikota Gdansk yang ditikam di depan ratusan orang selama pembukaan kegiatan.

Menteri Dalam Negeri Polandia, Joachim Brudzinski mengatakan, pria berusia 53 tahun itu dibawa ke rumah sakit dalam kondisi yang sangat serius, dikutip dari Sky News, Senin (14/1/2019). Lewat cuitannya di akun Twitternya, Brudzinski mengecam aksi itu. 

Dari laporan media setempat, pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian. Pelaku juga sempat berteriak dari panggung dan mengklaim bahwa ia telah salah dipenjara oleh pemerintah sebelumnya.

Beberapa saat sebelum kejadian, Adamowicz memposting foto pemandangan dari panggung ke akun Instagram-nya.

Gambar itu menunjukkan lautan penonton yang memegang lampu putih terang selama acara Lights To Heaven yang mengumpulkan uang untuk peralatan medis untuk sistem perawatan kesehatan Polandia.

Loading...

Politisi telah menjadi walikota Gdansk selama lebih dari 20 tahun dan merupakan bagian dari oposisi demokratis yang dimulai di kota di bawah Lech Walsea pada 1980-an.

Dia telah dipandang sebagai suara progresif di negara itu, mendukung hak-hak LGBT dan toleransi untuk kelompok minoritas.

Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengatakan terlepas dari perbedaan politik mereka, dia "tanpa syarat bersamanya dan orang-orang yang dicintainya, sama seperti - saya harap - kita semua adalah rekan senegaranya".

Dia menambahkan: "Saya berdoa agar dia kembali ke kesehatan dan kekuatan penuh."

Loading...
Loading...