Senin, 14 Januari 2019 08:24 WITA

Tim Gabungan TNI-Polri Amankan Mainan Tentara Mini Berlogo Palu Arit di Jambi

Editor: Abu Asyraf
Tim Gabungan TNI-Polri Amankan Mainan Tentara Mini Berlogo Palu Arit di Jambi
Mainan tentara mini yang diamankan di Jambi.

RAKYATKU.COM - Semakin banyak benda-benda berlogo palu arit yang ditemukan di Indonesia. Terbaru, mainan tentara mini ditemukan di Jambi.

Mainan berlogo palu arit tersebut dijual di salah satu mal di Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Logo palu arit dikenal sebagai identitas Partai Komunitas Indonesia (PKI) yang sudah dibubarkan puluhan tahun silam.

Kapolresta Jambi, Kombes Dover Christian mengatakan, gambar pada kemasan mainan itu menyerupai bendera Uni Soviet. Ada gambar bintang, palu, dan arit..

Polisi telah memeriksa pemilik toko mainan tersebut. Hasilnya, mainan itu rupanya dijadikan hadiah atau suvenir bagi para pengunjung di mal itu di bagian tempat permainan. 

"Jika pengunjung memperoleh kupon, maka suvenirnya mainan itu tadi," ujar Dover seperti dikutip dari Detikcom.

Loading...

Sebelumnya, sejumlah buku yang dianggap berpaham komunis atau bermuatan PKI diamankan aparat TNI dan kejaksaan di toko buku Kota Padang. Buku-buku tersebut disita dari Toko Buku Nagare Boshi di kawasan Pecinan Pondok, Kecamatan Padang Barat, Selasa (8/1/2019).

Ada lima judul buku yang diamankan, yaitu 'Kronik 65', 'Mengincar Bung Besar', 'Jas Merah', 'Anak-anak Revolusi', dan 'Gestapu 65: PKI, Aidit, Sukarno dan Soeharto'.

Berdasarkan pengamatan, buku 'Jasmerah' yang diamankan merupakan karya Wirianto Sumartono. Buku 'Anak-anak Revolusi' yang diamankan aparat merupakan karya Budiman Sudjatmiko. 'Kronik 65' yang diamankan merupakan buku karangan Kuncoro Adi.    

Loading...
Loading...