Senin, 14 Januari 2019 08:06 WITA

KMP UNM Ditantang Jadikan Pinrang Sebagai Penghasil Strawberry Terbesar di Sulsel

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Andi Chaerul Fadli
KMP UNM Ditantang Jadikan Pinrang Sebagai Penghasil Strawberry Terbesar di Sulsel

RAKYATKU.COM, PINRANG - Pemerintah Desa Ulusaddang, Lembang, Pinrang mengajak Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Negeri Makassar (KMP UNM) untuk mengembangkan wilayah tersebut sebagai penghasil strawberry terbesar di Sulawesi Selatan.

Rencanany, KMP UNM akan menggelar beberapa agenda, selama 14 sampai 22 Januari mendatang. 

"Selain tanaman kopi yang pada dasarnya sudah ada, kami akan mencoba melakukan terobosan baru dengan menanam strawberry. Supaya ada sumber perekonomian baru untuk warga kami," ujar Kepala Desa Ulu Saddang, Saparuddin, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (14/1/2019)

Seperti diketahui, Desa Ulusaddang yang berada di dataran tinggi, memang merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Pinrang. Beberapa hasil kopi daerah tersebut juga kerap "diekspor" ke Toraja serta daerah lain untuk dipasarkan.

Lebih lanjut, ia dan masyarakatnya juga bercita-cita, menjadikan desanya sebagai penghasil buah stroberi, seperti di Gowa dan Bantaeng. 

"Jadi orang Pinrang tidak usah jauh-jauh, cukup datang ke sini, kita sudah bisa menikmati strawberry," jelasnya.

Loading...

Sementara itu, Presiden KMP UNM, Musaddik mengatakan, pihaknya akan membagikan bibit strwberry ke setiap rumah warga. "Ini merupakan kerjasama yang kita lakukan atas inisiasi Pak Desa," ungkapnya. 

KMP UNM memang telah menyiapkan agenda untuk pengembangkan daerah, khususnya tanaman strawberry yang dipesan khusus oleh kepala desa.

"Tentu ini tantangan buat kami. Tapi insya Allah, kami akan berkontribusi untuk memajukan Desa Ulusaddang sebagai penghasil storberi terbesar di Sulsel seperti di daerah lain," kata dia.

"Apalagi, kami juga sudah berguru dengan petani-petani stroberi di Malino Gowa, serta telah mendapat pembekalan khusus dari dosen kami yang memang konsen di bidang pertanian. Semoga yang bakal kami lakukan benar-benar bisa berfaedah untuk masyarakat di sini," demikian mahasiswa Jurusan Teknik Mesin tersebut. 

Tags
Loading...
Loading...