Minggu, 13 Januari 2019 06:00 WITA

Kenapa Negara Makedonia Mau Ganti Nama?

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kenapa Negara Makedonia Mau Ganti Nama?

RAKYATKU.COM - Parlemen Makedonia telah mengubah konstitusi untuk mengubah nama negara menjadi Republik Makedonia Utara.

Perdana Menteri Makedonia, Zoran Zaev mengamankan mayoritas yang diperlukan di parlemen pada hari Jumat yang diperlukan untuk mengubah nama negara itu. Sejalan dengan perjanjian penting dengan Yunani untuk mengakhiri perselisihan selama puluhan tahun.

Pembicara parlemen Talad Xhaferi mengatakan 81 anggota parlemen mendukung perubahan nama di kamar 120 kursi, mengamankan mayoritas dua pertiga yang diperlukan.

Seorang juru bicara untuk Demokrat Sosial yang memerintah mengatakan legislator etnis Albania juga setuju untuk mendukung kesepakatan itu.

Etnis Albania merupakan seperempat dari 2,1 juta penduduk Makedonia.

Loading...

Albania telah memberi selamat kepada suara parlemen Makedonia atas perubahan nama sebagai "sebuah demonstrasi yang jelas tentang kenegarawanan membuka jalan NATO dan UE".

Menteri Luar Negeri Albania Ditmir Bushati tweet setelah pemungutan suara, mengatakan "kontribusi partai politik Albania sekali lagi terbukti menjadi faktor penentu".

Penundaan menandai pemungutan suara Oktober yang meluncurkan prosedur untuk mengubah konstitusi, juga dengan mayoritas dua pertiga.

Kesepakatan itu mendapat tentangan keras dari kedua sisi perbatasan, dengan para kritikus mengatakan mereka menawarkan terlalu banyak konsesi kepada pihak lain.

Loading...
Loading...