Minggu, 13 Januari 2019 05:00 WITA

China Rilis Penampakan Permukaan di Sisi Terjauh Bulan

Editor: Andi Chaerul Fadli

RAKYATKU.COM - Pesawat ruang angkasa Chang'e 4 milik China merilis rekaman pendaratan dan gambar panorama terbaru di sisi terjauh bulan, Jumat lalu.

Chang'e 4 melakukan pendaratan bersejarah di permukaan bulan pada 3 Januari dan menggunakan kamera terrain untuk mengambil bidikan 360 derajat dari kawah Von Kármán di mana ia mendarat, dikutip dari Sputnik News, Minggu (13/1/2019).

Wahana antariksa itu kemudian meluncurkan rover Yutu 2 misi, yang terlihat di beberapa gambar. Alat itu telah berhasil meluncur ke permukaan bulan dan menjadi robot pertama yang pernah ada di sisi jauh Bulan. 

Robot itu dikerahkan 12 jam setelah kapal induk mendarat. Program Eksplorasi Lunar Cina (CLEP) juga merilis dua gambar baru yang saling bertukar foto Chang'e 4 dan Yutu 2.

CLEP juga menerbitkan cuplikan wilayah target saat pesawat ruang angkasa bersiap untuk mendarat.

Gambar-gambar ini adalah yang pertama menunjukkan close-up face bulan yang dieksplorasi. Karena Bulan secara terkunci terkunci ke Bumi - periode rotasinya kira-kira sama dengan periode orbitnya - kita hanya dapat melihat satu sisi dari satelit kita. Untuk alasan ini, banyak tradisi dalam budaya yang berbeda menjadi terbiasa melihat warna tertentu di permukaan Bulan - seperti Manusia di Bulan, atau Kelinci Bulan dalam budaya Cina.

Wahana antariksa ini dilengkapi dengan radar, kamera, dan spektrometer untuk mempelajari sisi jauh Bulan. Pendarat juga memiliki percobaan biosfer kecil untuk memantau perkembangan larva ulat sutera dan tanaman mustard yang dibawa sebagai bagian dari misi.