Minggu, 13 Januari 2019 03:30 WITA

Amarah Netizen Meluap, Suami Istri Didenda karena Masak Ikan Gurame Telanjang

Editor: Andi Chaerul Fadli
Amarah Netizen Meluap, Suami Istri Didenda karena Masak Ikan Gurame Telanjang

RAKYATKU.COM - Sepasang suami istri dari Cina di bagian barat laut memutuskan untuk merawat orang tua mereka dengan makanan buatan sendiri. Sayangnya, niat baik mereka tidak berujung baik pula.

Keduanya dijatuhi denda lantaran memasakkan orang tua mereka ikan 'Gurame Telanjang', yang merupakan spesies ikan langka dan dilindungi pemerintah setempat. Disebut Gurame Telanjang, lantaran spesies ikan ini tak memiliki sisik, dikutip dari Asia One, Minggu (13/1/2019)

Masalahnya bermula ketika pasangan dari provinsi Qinghai ini membagikan video mereka mempersiapkan ikan gurame telanjang ( Gymnocypris przewalskii ) dan mengunggah rekaman itu ke media sosial, stasiun televisi CCTV melaporkan pada hari Jumat.

Pengguna internet yang bermata elang dengan cepat melihat kesalahan pasangan itu dan tidak membuang waktu untuk memarahi mereka.

Luapan kemarahan mereka secara kolektif menarik perhatian pihak berwenang setempat dan pasangan itu mendapati diri mereka dikunjungi oleh polisi dari Cagar Alam Nasional Danau Qinghai.

Ikan gurame telanjang bermigrasi setiap tahun dari sungai air tawar di mana mereka bertelur ke air asin Danau Qinghai, yang terbesar di Cina.

Meskipun jumlah mereka terus bertambah - dari sekitar 2.600 ton pada 2002 menjadi 88.000 ton pada November - ikan tersebut masih digolongkan sebagai terancam punah dalam Daftar Merah Spesies China setelah bertahun-tahun penangkapan ikan berlebihan dan hilangnya habitat.

Karena statusnya yang dilindungi, pasangan itu didenda 10.000 yuan (S $ 2.000) di bawah Undang-undang Perlindungan Satwa Liar Tiongkok, kata laporan itu.

Tidak disebutkan bagaimana pasangan itu datang dengan ikan, tetapi sang istri, yang diidentifikasi hanya sebagai Song, kata suaminya, yang tidak disebutkan namanya, membelinya.

Meskipun reaksi bermusuhan video pasangan itu diterima secara online, tanggapan terhadap laporan CCTV lebih mendukung.

"[Ikan gurame] sangat lezat. Sebagai penduduk Qinghai, saya biasa memakannya. Apakah mereka akan mendenda 10.000 yuan karena komentar ini?" satu orang menulis.

"Mereka membeli ikan dari orang lain. Mereka mungkin tidak tahu jenis apa itu. Mengapa mereka tidak menghukum orang yang menjualnya kepada mereka?" tanya yang lain.

Tags