Jumat, 11 Januari 2019 23:28 WITA

Penipu Nasabah Bank BRI asal Sidrap Belajar Otodidak Buat Website Palsu

Penulis: Azwar Basir
Editor: Nur Hidayat Said
Penipu Nasabah Bank BRI asal Sidrap Belajar Otodidak Buat Website Palsu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel berhasil mengungkap kasus penipuan online dengan menggunakan web pishing Bank BRI.

Pelakunya bernama Sudirman alias Sudi bin Amir (34) warga Kelurahan Sumpang Mango, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap.

Sudi merupakan putra asal Sidrap yang tidak mampu melanjutkan sekolahnya di jenjang yang lebih tinggi atau perguruan tinggi. Ia hanya mampu sekolah sampai tamat SMA. Ia kemudian bekerja sebagai karyawan swasta.

Menurut pengakuan Sudi, ia melakukan penipuan dengan modus membuat email kemudian membuat blogspot yang berisikan tampilan pinjaman online lalu membuat link pishing di www.webbhot.com.

Loading...

Sudi mengatakan, ia belajar membuat sebuah Web palsu tiruan dari web Bank BRI secara otodidak. "Saya belajar langsung di Google secara otodidak," ujar Sudirman, Jumat (11/1/2018).

Untuk belajar membuat website sampai mahir meyakinkan calon korbannya hingga terpedaya dengan SMS yang dikirimkan, Sudi mempelajari berbuka-bulan.

"Saya belajar berbulan-bulan, dan kita tidak menargetkan korban, kita hanya acak nomor lalu dikirimkan SMS, dan saya sudah tidak ingat berapa jumlah korban karena sudah banyak," tutupnya.

Loading...
Loading...