Jumat, 11 Januari 2019 23:04 WITA

Silakan Mendaftar, KPU Sidrap Cari 55 Relawan Demokrasi

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Nur Hidayat Said
Silakan Mendaftar, KPU Sidrap Cari 55 Relawan Demokrasi

RAKYATKU.COM, SIDRAP - KPU Kabupaten Sidrap membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (RELASI) dalam rangka sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019. Pendaftaran berlangsung selama satu pekan, mulai 10-17 Januari 2019 di Kantor KPU Kabupaten Sidrap.

"Sebanyak 55 orang RELASI yang akan kami rekrut, yang berasal dari 10 basis yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, pemilih dari kelompok komunitas, pemilih basis kegamaan, dan warganet," ungkap Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM KPU Kabupaten Sidrap, Aco Ilham, Jumat (11/1/2019).

RELASI merupakan mitra kerja KPU yang bertujuan untuk membangkitkan kesukarelaan masyarakat dalam agenda Pemilu dan demokratisasi serta meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 khususnya di Kabupaten Sidrap.

"Dalam menjalankan tugasnya, nantinya RELASI akan kami berikan pembekalan/bimbingan teknis terkait peningkatan pemahaman kepemiluan, kode etik, dan hal-hal lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan basis pemilih untuk disosialisasikan di lapangan," ujar Aco.

Selain itu, urainya, beberapa fasilitas tanda pengenal seperti topi, rompi, baju kaos, ID card, dan sertifikat serta bahan-bahan yang dibutuhkan seperti materi sosialisasi, flyer, banner, poster, sticker, disiapkan KPU untuk para relawan. 

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Sidrap, Syamsuddin MS berharap, keberadaan RELASI mampu menumbuhkan kesadaran positif terhadap pentingnya Pemilu dan menggerakkan masyarakat tempat mereka berada agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab. 

"Kita berharap kerja kerja RELASI kedepan semakin menguatlan partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 semakin signifikan dibandingkan Pemilu sebelumnya," pungkas Syamsuddin.