Jumat, 11 Januari 2019 15:56 WITA

Warganet Malaysia Sedih, Pohon 40 Tahun yang Ikonik Ini Telah Tumbang

Editor: Aswad Syam
Warganet Malaysia Sedih, Pohon 40 Tahun yang Ikonik Ini Telah Tumbang
Pohon ikonik itu telah tumbang.

RAKYATKU.COM, MALAYSIA - Ini memang hari yang menyedihkan bagi semua warga Malaysia. Khususnya yang menyebut Universiti Putra Malaysia (UPM) sebagai rumah mereka.  

Jumat, 11 Januari 2019 hari ini, Universiti Putra Malaysia mengumumkan di halaman Facebook-nya, bahwa pohon berusia 40 tahun yang ikonik di lahannya itu, telah tumbang karena penyakit akar putih. 

Sekitar setahun lalu, pohon Telinga Gajah yang terletak di Ladang 16, diserang oleh patogen 'Rigidoporus Lignosus', yang menyebabkan batang dan akar pohon membusuk. 

Gejala awal terlihat oleh tim ahli dari UPM, dan mereka telah menerapkan perawatan tanah untuk mempercepat pertumbuhan pohon.

Sayangnya, daun baru tidak dapat merevitalisasi pohon, dan karenanya, penyakit itu menyebar terlalu cepat. Ada sangat sedikit daun yang tersisa di pohon itu. 

Warganet Malaysia Sedih, Pohon 40 Tahun yang Ikonik Ini Telah Tumbang

Facebook "UPM akan mengganti pohon yang dicintai oleh semua orang itu, dengan spesies lain yang sama, setelah perawatan tanah selesai," kata UPM dalam pernyataannya.  

Berita ini menarik hati para alumni, karena banyak dari mereka mengambil foto kelulusan mereka dengan menampilkan pohon sebagai latar belakang. 

Selain itu, pohon ini juga muncul di iklan televisi, koran, majalah, serial drama, dan film. Itu sangat terkenal sehingga beberapa bahkan mengambil foto pre-wedding mereka di sini.

Pada tanggal 2 Agustus 2017, pohon populer ini berhasil menembus langit, setelah dicetak di badan pesawat Airbus 320 AirAsia.