Kamis, 10 Januari 2019 19:43 WITA

IAS Mau Pindah Sel, Lapas Kelas 1 Makassar Kian Over Kapasitas

Penulis: Azwar Basir
Editor: Mulyadi Abdillah
IAS Mau Pindah Sel, Lapas Kelas 1 Makassar Kian Over Kapasitas
Budi Sarwono

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Eks Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) akan dipindahkan dari Lapas Sukamiskin, Jawa Barat ke Lapas Kelas 1 Makassar sebelum menghirup udara bebas Juli 2019 mendatang.

Ilham Arief Sirajuddin kini tinggal menunggu persetujuan dari Kemenkumham untuk pindah ke Lapas Kelas 1 Makassar

Namun, Lapas Kelas 1 Makassar saat ini sedang mengalami over kapasitas. Jumlah tahanan kurang lebih 900 Narapidana.

Menurut Kepala Lapas Kelas 1 Makassar Budi Sarwono, idealnya jumlah narapidana yang ada di dalam Lapas Kelas 1 Makassar hanya sebanyak 700 Narapidana. "Jadi jumlah narapidana di dalam over 200 orang," katanya, Kamis (10/1/2019).

Dirincikan, satu kamar dihuni sebanyak 12 orang. Padahal idealnya, cuma 5 hingga 6 orang di dalam. Begitupun blok Tipikor yang jumlah tahanannya sebanyak 212 orang.

"Idealnya blok Tipikor dihuni 150 orang. Untuk Napi setiap kamar sebanyak 10 hingga 12 orang. Harusnya 5 orang di dalam per kamar, artinya memang over kapasitas," katanya.

Jika pun nantinya IAS akan dipindahkan ke Lapas Kelas 1 Makassar, maka tentu akan berdesak-desakan dengan narapidana lainnya. 

"IAS tidak akan dispesialkan. Ia akan tetap sama dengan napi lainnya yang tetap berdesak-desakan di dalam kamar,"  tutupnya.