Senin, 07 Januari 2019 05:30 WITA

Lima Kelompok yang Bahagia Saat Ajal Menjemput

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lima Kelompok yang Bahagia Saat Ajal Menjemput
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kematian merupakan rahasia Allah. Tidak ada seorang makhluk pun yang mengetahui kapan waktu kematiannya tiba. Untuk itu, manusia harus selalu berusaha agar bahagia saat ajal menjemput.

Nabi Muhammad SAW menyebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmizi, bahwa ada beberapa orang yang akan bahagia saat ajal menghampiri mereka, sebab lewat kematian ia akan bertemu dengan Allah Swt. Terhadap orang-orang tersebut, Allah akan meneguhkan pendirian mereka di jalan yang lurus. Allah berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu” (QS. Fushshilat: 30)

Berdasarkan ayat di atas, dilansir laman Islamco, Imam Abu Laist as-Samarqandi berkata dalam kitab Tanbihul Ghafilin, hanya lima orang berikut ini yang akan berbahagia saat ajal menjemput mereka:

1. Orang-orang mukmin

Sekalipun ada azab akhirat bagi yang melakukan larangan-larangan Allah, akan tetapi siksa tersebut tidak abadi bagi orang yang percaya dan beriman kepada Allah dan RasulNya.

Hal itu berkat syafaat Nabi Muhammad bagi umatnya kelak di akhirat, di mana mereka akan dikembalikan ke surga setelah dosa-dosanya dibersihkan. Sebagaimana janji Allah, bahwa sesungguhnya akan masuk surga seseorang yang dalam hatinya ada keimanan meski sebesar biji sawi.

2. Orang-orang ikhlas

Allah akan menerima amal perbuatan orang-orang yang ikhlas dalam beramal. Bahkan dilipatgandakan. Mereka orang-orang yang akan bahagia ketika ajal tiba.

3. Orang-orang yang bertobat

Meski sebesar gunung dosa-dosa yang telah dilakukan, sesungguhnya ampunan Allah lebih besar. Maka sungguh berbahagia mereka yang bersungguh-sungguh dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah akan mengganti keburukan mereka dengan kebaikan tobat.

4. Orang yang zuhud

Mereka adalah orang yang tidak peduli dengan kenikmatan dunia meski seluruh kenikmatan dibukakan atasnya, dia tetap mendambakan bertemu Rabb-nya. Mereka tidak perlu khawatir dengan kematian dan hari perhitungan kelak, sungguh mereka akan berbahagia di surga yang tidak ada azab di dalamnya.

5. Ulama yang mengajarkan kebaikan dan ilmu pengetahuan kepada manusia

Mereka tidak perlu khawatir dan bersedih terhadap datangnya kematian dan hari akhir. Sebab amal saleh mereka akan dibalas dengan surga yang diperuntukkan bagi mereka dan orang-orang yang mengikuti ajarannya.