Sabtu, 05 Januari 2019 14:15 WITA

Pecahkan Rekor: Ikan Tuna Raksasa Terjual Rp44 Miliar

Editor: Suriawati
Pecahkan Rekor: Ikan Tuna Raksasa Terjual Rp44 Miliar
Kiyoshi Kimura memamerkan tuna sirip biru 278kg yang dibelinya dalam lelang pertama Pasar Toyosu di Tokyo, (Foto: Kimimasa Mayama / EPA)

RAKYATKU.COM - Seekor ikan tuna sirip biru raksasa telah memecahkan rekor penjualan tertinggi, dengan dibeli seharga $ 3,1 juta (Rp44 miliar).

Ikan itu memiliki berat 278 kg, dan ditangkap di lepas pantai utara Jepang. Itu dibayar oleh taipan sushi Kiyoshi Kimura, yang menjalankan rantai Sushi Zanmai yang populer.

Jepang adalah konsumen terbesar tuna sirip biru berbentuk torpedo, dan peningkatan konsumsi ikan ini telah menyebabkan penangkapan ikan yang berlebihan.

Para ahli memperingatkan bahwa ikan ini kemungkinan menghadapi kepunahan, di mana sirip biru Pasifik diperkirakan telah habis 96 persen.

Loading...

"Perayaan seputar lelang sirip biru Pasifik tahunan menyembunyikan betapa dalamnya masalah ini," kata Jamie Gibbon, associate manager untuk konservasi tuna global di The Pew Charitable Trusts.

Meski demikian, sudah ada tanda-tanda kemajuan menuju perlindungan sirip biru. Jepang dan pemerintah lain telah mendukung rencana untuk membangun kembali stok sirip biru Pasifik, dengan target 20 persen dari level historis pada 2034.

Loading...
Loading...