Minggu, 30 Desember 2018 15:57 WITA

Usai Bom Bus Wisata, Mesir Gerebek Sarang Pejuang di Giza

Editor: Andi Chaerul Fadli
Usai Bom Bus Wisata, Mesir Gerebek Sarang Pejuang di Giza

RAKYATKU.COM - Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan, sedikitnya 40 pejuang telah tewas pada hari Sabtu. Mereka merupakan peuang di Giza dan Sinai bagian utara.

Penggerebekan yang dilakukan militer Mesir digelar pasca-insiden bom bus wisata di sekitar Piramida Giza yang menewaskan turis dari Vietnam, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (30/12/2018).

Menurut kantor berita resmi MENA, pasukan keamanan membunuh para tersangka pejuang dalam penggerebekan di wilayah gurun yang tengah bergejolak. Kawasan itu juga dianggap sebagai markas berbagai kelompok bersenjata.

Sebuah bom pinggir jalan menabrak sebuah bus wisata di dekat Piramida Giza, selatan ibukota Kairo, pada hari Jumat, menewaskan tiga turis Vietnam dan pemandu asal Mesir.

Ledakan itu melukai 11 lainnya, termasuk turis Vietnam dan juga pengemudi Mesir.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu.

loading...

Pemboman itu adalah serangan mematikan pertama terhadap wisatawan asing di Mesir dalam lebih dari setahun dan terjadi ketika sektor pariwisata, sumber penting pendapatan mata uang asing, pulih dari penurunan tajam dalam jumlah pengunjung sejak pemberontakan 2011 yang menggulingkan mantan pemimpin Hosni Mubarak .

Mesir telah bertahun-tahun memerangi gerakan bersenjata di Sinai yang berpenduduk sedikit, yang telah meningkat sejak militer menggulingkan Presiden Mohamed Morsi dari Persaudaraan Muslim yang terpilih secara demokratis pada pertengahan 2013.

Kelompok bersenjata lainnya aktif di Kairo, serta kota-kota lain, di mana mereka menargetkan pasukan keamanan, hakim, dan tokoh pro-pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah mengatakan pertempuran melawan kelompok-kelompok semacam itu adalah prioritas karena berupaya mengembalikan stabilitas setelah tahun-tahun setelah protes 2011.

Tags
Loading...
Loading...