Minggu, 30 Desember 2018 02:30 WITA

Cara Cegah Kuman Saat Liburan

Editor: Eka Nugraha
Cara Cegah Kuman Saat Liburan
Ilustrasi Liburan

RAKYATKU.COM --- Kuman bisa menyerang siapa saja. Saat liburan, frekuensi serangan kuman bisa semakin besar. Apalagi pada masa itu, Anda berada di tempat yang tidak Anda kenali. 

Ruangan tertutup seperti deretan moda transportasi adalah salah satu yang bisa menjadi biang penyebaran kuman. Ujung-ujungnya bakal meningkatkan risiko penyakit.

Akan lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut saat dalam perjalanan demi menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

1. Jaga tubuh dari kuman

Sebelum menjejakkan kaki di bandara, stasiun kereta api, atau terminal bus, Anda perlu berpikir bahwa tempat-tempat tersebut tak ubahnya ruang unit gawat darurat di rumah sakit.

Mikroba seperti virus, bakteri, dan jamur berasal dari tubuh manusia. Tak cuma menyebabkan flu, tapi ada pula kemungkinan patogen lain yang dapat menyebabkan masalah saluran pernapasan, sistem pencernaan, dan kulit.

Gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan meja atau sandaran kepala pada kursi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pembersih tangan dengan 64-60 persen etanol selama 15 detik.

2. Cuci tangan dan ganti pakaian setelah perjalanan

Secara rata-rata, seseorang akan menyentuh wajah, hidung, mulut, dan mata sebanyak 5-16 kali per jam. Untuk menghindari penularan penyakit dari virus yang kebetulan menempel, Tetro menganjurkan Anda untuk mencuci tangan dengan sabun dan air.

Loading...

Saat mencuci, ambil 30 detik untuk membersihkan sela jari-jari dan bagian bawah kuku. Pasalnya, tempat-tempat itu merupakan area bersembunyi kuman.

 

3. Makan sehat, olahraga, dan tidur sebelum perjalanan

Bangun sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan tidur berkualitas sebelum memulai perjalanan.

"Perlu diingat bahwa penularan penyakit itu akan tergantung pada sistem kekebalan tubuh Anda sebelum bepergian," ujar ahli kesehatan, Natalie Sexton.

Mulai dengan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi dan serat yang berlimpah. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan.

Sexton menyarankan untuk memulai perjalanan Anda dengan sarapan sehat yang terdiri dari buah-buahan segar, jus, dan sayuran. "Ini akan memulai metabolisme Anda dan membuat Anda siap menghadapi kesibukan perjalanan," kata dia.

Tags
Loading...
Loading...