Jumat, 28 Desember 2018 15:00 WITA

Bekerja Sejak Pembagian Grup, Begini Proses Pengaturan Skor PSSI

Editor: Abu Asyraf
Bekerja Sejak Pembagian Grup, Begini Proses Pengaturan Skor PSSI
Johar Ling Eng

RAKYATKU.COM - Bagaimana caranya Johar Lin Eng mengatur skor pertandingan? Polisi akhirnya membeberkan peran masing-masing tersangka.

Ketiga tersangka yang dimaksud yakni Johar Lin Eng, Priyanto, dan Anik Yuni Artika Sari. Johar yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI bekerja lebih awal. Tepatnya, sebelum pembagian grup dan penentuan jadwal pertandingan.

Ketua Tim Media Satgas Anti Mafia Bola, Kombes Argo Yuwono mengatakan, Johar yang menempatkan klub yang telah dilobi. Biasanya disimpan di grup yang ringan.

Tidak sampai di situ, Johar juga ikut menentukan jadwal pertandingan, yakni hari dan jamnya. Dia mengaturnya sampai sedetail itu demi meloloskan tim yang sudah menjadi "klien" mereka.

Sementara Priyanto adalah mantan anggota komisi wasit. Dia cukup tahu mana wasit yang bisa diajak kerja sama dan mana yang tidak. Tercatat ada 35 wasit. Tidak semua bisa diajak kompromi.

"Jadi kalau klub sudah komunikasi dengan dia, tinggal ditentukan wasitnya siapa," ujar Argo.

Atik lain lagi. Anaknya wasit futsal. Dia berperan sebagai perantara untuk menyalurkan uang dari manajer klub. Uang yang didapat kemudian dibagi-bagi dengan Priyanto dan Johar.

"Dia menerima juga uang dari pelapor, intinya setiap pertandingan mengeluarkan uang, Rp100 juta sampai Rp200 juta di sana dibagi yang terima si A, nanti dia dikirim ke P nanti ngirim ke J," ujarnya.

Argo mengatakan dugaan pengaturan skor ini baru ditemukan di Liga 2 dan Liga 3. Polisi juga belum menerima informasi keterlibatan pemain dalam kasus tersebut. "Ini kita belum dapat konfirmasi (pemain), belum ada," ujarnya.