Rabu, 26 Desember 2018 18:50 WITA

Thailand Negara Pertama di Asia Tenggara yang Legalkan Ganja sebagai Obat

Editor: Aswad Syam
Thailand Negara Pertama di Asia Tenggara yang Legalkan Ganja sebagai Obat
Ganja medis dilegalkan di Thailand.

RAKYATKU.COM, THAILAND - Beberapa bulan setelah diumumkan, Thailand akan mengubah undang-undang saat ini untuk melegalkan ganja medis. Parlemen sementara negara itu, baru saja memberikan suara pada masalah minggu ini. 

Menurut CNN, semua 166 anggota Dewan Legislatif Nasional memberikan suara, mendukung amandemen RUU Narkotika negara itu, yang memungkinkan penggunaan mariyuana medis di negara itu. 

Tidak ada suara yang menentang mosi, sementara 13 anggota abstain.  

Namun, undang-undang ini tidak berlaku untuk penggunaan rekreasi narkoba. Anggota parlemen Somchai Sawangkarn mengatakan kepada outlet berita internasional, "Amandemen (RUU Narkotika) disahkan bacaan kedua dan ketiga hari ini. Dan akan menjadi efektif setelah dipublikasikan di Royal Gazette." 

Pengesahan amandemen ini juga dianggap sebagai "hadiah Tahun Baru untuk Thailand", menurut anggota parlemen. 

Bulan lalu (23 November), Korea Selatan menjadi negara Asia Timur pertama yang melegalkan ganja medis, setelah majelis nasional negara itu menyetujui untuk mengubah Undang-Undang tentang Pengelolaan Narkotika. 

Negara ini akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan, bahwa ganja medis dikontrol secara ketat, untuk memastikan bahwa itu hanya akan digunakan untuk tujuan pengobatan. 

Sementara itu, anggota parlemen Malaysia juga telah mendorong untuk melegalkan penggunaan medis obat ini, seperti MP Permatang Pauh MP Nurul Izzah Anwar sebelumnya menyatakan, bahwa RUU sedang disusun dalam upaya untuk mendekriminalisasi itu. 

"Saya sedang mengerjakan tagihan tertentu dan saya akan membahasnya, karena itu sangat penting. Kami juga ingin fokus pada fakta, bahwa ia memiliki efek obat," bebernya.

Loading...